Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menggema, Teriakan Jokowi Dua Periode

Jokowi: Indonesia Sudah On The Track

Sabtu, 13 April 2019 19:03 WIB
Pantauan udara Konser Putih Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4). (Foto: ANTARA)
Pantauan udara Konser Putih Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4). (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres 01 Jokowi memaparkan sejumlah capaiannya selama 4,5 tahun menjadi Presiden. Dia meminta rakyat bersyukur. Hal itu disampaikan Jokowi saat berorasi dalam rapat umum bertajuk “Konser Putih” di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Di antara yang dibeberkan adalah turunnya angka kemiskinan dan pengangguran, serta stabilnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Angka kemiskinan kita kini sudah 1 digit, dari sebelumnya 2 digit. Ini harus kita syukuri. Kemudian angka pengangguran dari 5,9 persen, turun menjadi 5,3 persen. Di tengah ekonomi global yang sulit, terus menurun, kita bisa bertahan dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Kita harus bersyukur, jangan sampai, kita ini kufur nikmat,” tegas Jokowi.

Dia pun mengingatkan, menakhodai sebuah kapal besar seperti Indonesia yang penduduknya mencapai 269 juta orang tidaklah mudah. Butuh nakhoda yang punya pengalaman.

Baca juga : Jokowi: Saya Tegaskan Indonesia Tak Akan Bubar

Jokowi, sudah punya pengalaman yang mumpuni. Dia memulai karier politik dengan jenjang terkecil, yakni Wali Kota Solo selama 2 periode. Kemudian naik menjadi Gubernur DKI. Dan akhirnya menjadi presiden Indonesia.

“Pengalaman ini sangat dibutuhkan untuk menakhodai negara sebesar Indonesia. Itulah yang dinamakan rekam jejak. Kalau ingin pilih pemimpin, lihat rekam jejak, pengalaman, dan prestasinya seperti apa. Dan saya ini tidak memiliki beban masa lalu. Tidak ada. Saya ulangi, saya tidak memiliki beban masa lalu. Tidak ada,” tegas Jokowi.

Jokowi dan Ma’ruf Amin pun sepakat mewakafkan diri untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Dia memastikan 5 tahun ke depan negara ini akan lebih kuat ekonominya.

“Untuk para petani, para nelayan, untuk para guru, buruh, dokter, pegawai negeri, TNI, Polri, seniman, pekerja kreatif, pengusaha, anak muda, ibu-ibu, bapak-bapak. Kita harus pastikan hidup kita lebih baik dari hari ini 5 tahun ke depan. Kami bertekad tidak ada rakyat yang tertinggal di garis kemiskinan. Semuanya harus maju, setuju?” teriak Jokowi, disambut jawaban “setuju” secara serempak oleh ribuan massa.

Baca juga : Jokowi Sapa Rakyat Indonesia Dengan Berbagai Bahasa Daerah

Jokowi bilang, masih ada pekerjaan-pekerjaan besar karena ke depan akan banyak tantangan yang harus dihadapi bangsa ini. Untuk memperbaiki negara sebesar Indonesia, pemimpin mesti tahu apa yang diinginkan rakyat.

“Itu kenapa saya selalu turun ke bawah, kampung, desa, daerah-daerah. Saya ingin mengontrol langsung bahwa program-program berjalan di lapangan. Jangan sampai mangkrak,” beber Jokowi.

Namun, dalam perjalanannya, tentu ada kesulitan atau kepahitan. Tidak bisa memajukan negara dan mensejahterakan seluruh rakyat secara instan atau dadakan. Tetapi, Jokowi kembali menyatakan optimismenya. Dia menyebut Indonesia kini sudah berada pada jalur yang benar. “l

"Perlu saya tegaskan pada sore hari ini, bahwa negara Indonesia ini tidak akan bubar. Kita sekarang ini sudah berada pada jalan yang benar, track yang benar. Dengan track yang sudah betul kita optimis negara kita ini, Indonesia akan lebih maju,” tutur Jokowi.

Baca juga : JK Tokoh Utama Indonesia Maju

Teriakan “Jokowi dua periode” pun menggema di seantero Stadion GBK. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.