Dark/Light Mode

Menlu Beramah-tamah Dengan Siswa Sekolah Indonesia Jeddah

Selasa, 5 Maret 2019 13:51 WIB
Menlu Retno Marsudi asyik berbincang dengan siswa Sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: Kemlu RI).
Menlu Retno Marsudi asyik berbincang dengan siswa Sekolah Indonesia Jeddah. (Foto: Kemlu RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - "Bisa menyanyi?"
"Bisa dong", jawab siswa  Taman Kanak-Kanak Sekolah Indonesia Jeddah (TK -SIJ)

"Coba lagu apa?"
"Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku.....," Albar menyanyikan lagu Indonesia Raya  dengan lantang.

Baca juga : Bentuk Usaha Patungan Dengan Gojek, Astra Tambah Investasi 100 Juta Dolar AS

Obrolan tersebut berlangsung saat kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Arab Saudi, 4 Maret 2019. SIJ punya TK hingga SMA. Retno beramah tamah dengan para guru serta siswa-siswanya.  Kunjungan ini adalah kunjungan Menlu pertama ke sekolah SIJ sejak berdiri 1964. 

"Anak-anak Indonesia di luar negeri punya hak yang sama mengenyam pendidikan dengan teman-teman mereka di Indonesia. Tugas Pemerintah memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan nyaman," tutur Retno, dilansir keterangan pers Kementerian Luar Negeri, hari ini.

Baca juga : Mensos Berharap Pengetahuan Mitigasi Bencana Makin Masif

Sejak berdiri, setiap tahunnya SIJ mendidik sekitar 1.200 siswa TK hingga SMA, yang sebagian besar adalah putera-puteri Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jeddah dan sekitarnya. Tidak sedikit dari anak-anak tersebut yang tidak memiliki ijin tinggal resmi bahkan tidak memiliki identitas. 

Menlu Retno Marsudi dengan siswa Sekolah Indonesia Jeddah, Albar. (Foto : Kemenlu)

Saat ini, SIJ masih menggunakan gedung yang disewa sejak 2003. Pemerintah sedang mencarikan gedung yang lebih baik agar proses belajar mengajar dapat berlangsung lebih baik. 

Baca juga : Haji Ke-2, Jamaah Kena Visa Progresif Rp 7,6 Juta

Selain SIJ, terdapat dua sekolah Indonesia lainnya yang dikelola Pemerintah Indonesia di Arab Saudi.  Yaitu Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dan Sekolah Indonesia Riyadh (SIR). [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.