Dark/Light Mode

Irma Chaniago: SYL Mampu Membawa Pertanian Jadi Sektor Andalan

Rabu, 14 April 2021 21:01 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kedua kanan) saat memantau serap gabah petani/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kedua kanan) saat memantau serap gabah petani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi NasDem Irma Suryani Chaniago menilai kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) sejauh ini mampu membawa sektor pertanian menjadi sektor andalan. Terutama dalam meningkatkan perekonomian nasional yang sempat turun akibat gejolak pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Karena itu, kata Irma, alasan mengganti Syahrul dari jabatan Menteri saat ini tidak proporsional, tendensius, juga sarat akan muatan politis. Hal itu seperti yang disampaikan Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman), Immanuel Ebenezer.

Baca juga : Pengamat: Kinerja Mentan Selamatkan Perekonomian Nasional

"Pak Syahrul itu salah satu menteri di kabinet Jokowi yang memimpin kementerian dengan sangat baik, terutama di era pendemi ini. Beliau berprestasi dan di saat hampir semua kementerian jeblok, Kementan justru tumbuh 2,6 persen. Tidak ada alasan mengganti Pak Syahrul karena beliau berprestasi," ujar Irma, Rabu (14/4).

Lebih dari itu, Irma mengatakan bahwa Kementan di bawah pimpinan Syahrul mampu menumbuhkan kemampuan petani, khususnya dalam menjalankan pertanian modern dengan menggunakan alsintan.

Baca juga : Analis: OJK Mampu Amankan Pasar Modal Dari Dampak Pandemi

"Tugas kementan yang diminta Presiden adalah menjaga ketanahan pangan dan Food Estate. Dan itu sudah dilaksanakan dengan baik oleh Pak Syahrul. Bahkan soal kesejahteraan petani juga sudah bisa dilihat melalui data BPS," jelasnya.

Ada pun saat ditanya mengenai kebijakan importasi beras, Irma mengatakan, kebijakan tersebut bukan ranah Kementan. Sebaliknya, Kementan dengan tegas meminta Bulog melakukan penyerapan ketimbang impor.

Baca juga : Kafe Honda Pertama Di Dunia Dibuka Di Senayan

"Soal impor beras, Pak Mentan ini bahkan sudah bicara pada saya, beliau tidak setuju impor dilakukan, apalagi saat petani panen raya. Tidak ada urusan Mentan di sana," tutupnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.