Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tertinggi di Berbagai Lembaga Survei, Bukti Rakyat Apresiasi Kinerja Airlangga Hartarto

Jumat, 16 April 2021 16:01 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI Idris Laena mengaku tak terkejut dengan beberapa hasil survei yang menempatkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada posisi teratas tokoh partai dengan elektabilitas tertinggi.

"Saya tidak terlalu kaget dan menganggap Airlangga Hartarto pantas mendapatkan hasil survei seperti itu," ujarnya, dalam siaran pers, Jumat (16/4).

Soalnya, menurut Idris, sejak dilantik Sebagai Menko Perekonomian, Airlangga banyak melakukan peran strategis di bidang ekonomi. Khususnya, selama masa pandemi Covid-19. Airlangga juga mempersiapkan berbagai kebijakan untuk menghadapi persoalan ekonomi nasional pasca pandemi virus Corona.

"Saya merasa bahwa masyarakat paham betul peran beliau dan tentu saja sangat mengapresiasi kinerja Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian," imbuh Idris.

Baca juga : Dave Ditugasi Sukseskan Pancapresan Airlangga

Dia menambahkan, kiprah Airlangga Hartarto sangat menarik untuk disimak. Sebagai ketua umum partai dengan perolehan kursi terbesar kedua di parlemen, dia bisa saja bermanuver untuk lebih banyak membangun pencitraan untuk menghadapi pemilihan presiden (Pilpres 2024).

Namun, kata Idris, Airlangg memilih fokus menjalankan amanah yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menko Perekonomian.

“Coba kita lihat, semua kebijakan Presiden Jokowi dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pasti Airlangga Hartarto mendapat peran yang sangat penting. Beliau dipercaya Sebagai Komite Penanganan Covid 19 dan PEN," tuturnya.

Peran Airlangga, mulai dari pembentukan Undang-Undang Cipta Kerja, Kartu Prakerja, Optimalisasi Kredit Usaha Rakyat, dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga : Kudeta Demokrat Bukti Buruknya Jaminan Keamanan Parpol

Atas prestasi tersebut, Partai Golkar melalui Rakernas dan Rapimnas telah memutuskan dan menetapkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) yang diusung oleh Partai Golkar pada Pilpres 2024.

Kader beringin, tutur Idris, sudah tidak sabar dan mulai mensosialisasikan keputusan itu di seluruh provinsi dan di kabupaten/kota se-Indonesia.

"Sudah saatnya Partai Golkar mengusung kadernya sendiri sebagai calon presiden pada Pilpres 2024," tandas Idris.

Diketahui, hasil survei Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), menempatkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum parpol dengan elektabilitas tertinggi dengan 18,6 persen. 

Baca juga : Anggota Komisi XI Dan Asosiasi Pengembang Apresiasi Penertiban Bank Himbara

Kemudian, hasil survei yang dilakukan Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) juga menempatkan Airlangga Hartarto sebagai tokoh dengan tingkat elektabilitas tertinggi dengan tingkat keterpilihan 15,7 persen. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.