Dark/Light Mode

Soroti Kerja Sektor Industri

Senayan Apresiasi Kinerja Menteri Agus Genjot IKM

Sabtu, 7 November 2020 06:48 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Instagram)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan melihat kinerja pemerintah di sektor perindustrian cukup menggembirakan dalam setahun pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin ini.

Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengatakan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dipimpin menteri Agus Gumiwang Kartasasmita sangat berkomitmen pada pertumbuhan dan pengembangan industri kecil dan menengah atau IKM.

Baca juga : Tinjau Puncak Arus Balik Di Soetta, Menhub Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan

Buktinya, jumlah IKM terus bertambah. Jumlah wirausaha tumbuh karena kebijakan yang diambil Kemenperin juga tepat. “Sekarang indeks kewirausahaannya 3 persen lebih, meningkat dari 1,65 ke 3,61. Jadi strategi pertumbuhan dan mengembangkan wirausaha ini berhasil dan komitmennya luar biasa. Jadi apresiasi luar biasa untuk itu,” jelasnya.

Darmadi meminta Kemenperin yang dipimpin Agus Gumiwang Kartasasmita ini terus menggenjot indikator Purchasing Manager Index (PMI). PMI pada Agustus lalu naik 3,9 poin dari indeks Juli lalu yang berada di level 46,9.

Baca juga : Senayan Kasih Rapor Biru Buat Kinerja Johnny Plate

Adapun PMI ini sangat dipengaruhi oleh 5 indikator industri yaitu pesanan, persediaan, produksi, pengiriman, dan tenaga kerja. Jika PMI di bawah 50 berarti industri mengalami kontraksi. “Ternyata PMI turun lagi setelah sempat naik. Saat Agustus PMI di angka 50,8, saat September turun ke 47,2. tentu ini yang harus dikejar supaya Pmi ini bisa naik terus,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.