Dark/Light Mode

Antusiasme Pemilih Di Negeri Para Nabi

Senin, 15 April 2019 08:15 WIB
Antusiasme Pemilih Di Negeri Para Nabi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Jum’at, 12 April 2019, sejak pukul 08.00 pagi, antrian WNI yang berada di Yordania terlihat memadati TPS 1 dan 2 di Wisma Duta KBRI Amman. Proses pemungutan suara di dua TPS diselenggarakan Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang terdiri dari unsur KBRI, mahasiswa, dan masyarakat Indonesia di Negeri Para Nabi itu.

Secara umum proses pemungutan suara di Yordania berjalan lancar, tertib dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan KPU Pusat. Selama kegiatan berlangsung, saksi dari salah satu partai peserta pemilu turut hadir untuk mengawasi jalannya proses pemungutan suara.

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya WNI yang masih berdatangan ke lokasi TPS hingga akhir waktu pencoblosan pukul 19.00. Sebagian dari mereka bahkan harus menempuh perjalanan selama 2 jam untuk mencapai lokasi TPS. 

Baca juga : Antusias Nyoblos Di LN, WNI Gelar Pesta Rakyat Dan Pakai Baju Adat

Salah seorang WNI yang bekerja di kota Ma'an (sekitar 200 km dari ibu kota Yordania, Amman), mengungkapkan kegembiraannya dapat melakukan pencoblosan suara di Yordania.

"Meskipun tinggal jauh dari tanah air, saya senang dapat menggunakan hak pilih saya untuk menentukan masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik lima tahun ke depan," tuturnya.

Berdasarkan catatan PPLN Yordania, terdapat 1.032 WNI yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) di wilayah Yordania dan Palestina. Dari jumlah pemilih dalam DPT, tercatat 553 pemilih yang telah menggunakan suaranya, baik melalui TPS, kotak suara keliling (KSK) maupun pos. Dengan demikian, partisipasi pemilih dalam pemilu ini mencapai lebih 50 persen dari DPT sesuai yang ditargetkan KPU Pusat.

Baca juga : Partisipasi Pemilih Di Iran 96 Persen

Sesuai peraturan KPU, TPS Luar Negeri menyelenggarakan pemungutan suara lebih awal dari pelaksanaan di dalam negeri, yaitu antara 8-14 April 2019. Sedangkan proses penghitungan suara dilakukan serentak pada 17 April 2019.

"Penetapan pencoblosan tanggal 12 April di Yordania dilakukan dengan mempertimbangkan jadwal hari libur akhir pekan yang jatuh pada hari Jumat, sehingga WNI lebih leluasa untuk datang ke TPS", demikian disampaikan Ketua PPLN Amman, Miftah Nafid Firdaus.

Sebelumnya, pada 10 April 2019, KPPPSLN Yordania telah melangsungkan pemungutan suara melalui KSK di wilayah kota Aqaba. Untuk menjangkau pemilih yang tidak terjangkau TPS dan KSK, termasuk WNI yang berada di wilayah Palestina, KPPSLN juga telah memfasilitasi pemungutan suara melalui Pos.

Baca juga : Pesan Pemilu Damai Dari Negeri Para Nabi

Duta Besar RI di Amman, Andy Rachmianto, menyampaikan apresiasinya kepada PPLN dan KPPPSLN Yordania yang telah menjalankan tugasnya secara bertanggung-jawab dan penuh komitmen sesuai sumpah yang telah diucapkan pada saat pelantikan.

"KBRI Amman akan terus mendukung Panitia Pemilu di Yordania untuk menyelenggarakan rangkaian Pemilu secara tertib dan damai hingga proses penghitungan suara tanggal 17 April mendatang," kata Andy. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :