Dark/Light Mode

Hangatnya Bakso Dan Dangdut Meriahkan Pesta Demokrasi Di Zagreb

Senin, 15 April 2019 09:39 WIB
Duta Besar RI Sjachroedin ZP dan istri, Truly ZP diapit bersama tim PPLN di KBRI Zagreb, Kroasia. (Foto KBRI Zagreb)
Duta Besar RI Sjachroedin ZP dan istri, Truly ZP diapit bersama tim PPLN di KBRI Zagreb, Kroasia. (Foto KBRI Zagreb)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendung yang menggelayuti kota Zagreb sejak pagi 13 April 2019 tidak menyurutkan langkah WNI ke TPS. Pesta demokrasi ini sekaligus ajang kangen-kangenan para WNI.

Mereja bercengkerama di depan TPS 001 di KBRI Zagreb. Suasana TPS meriah dengan nuansa merah putih di bawah pohon sakura yang cantik merekah. Tepat pukul 9 pagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) memulai kegiatan dengan mengucap janji dan menunjukkan berbagai kelengkapan pemilu. Para KPPSLN memakai pakaian adat merepresentasikan keanekaragaman Indonesia.

Baca juga : Meriah, Pesta Demokrasi Indonesia di Beijing

Duta Besar RI Sjachroedin ZP dan istri, Truly ZP mendapat nomor urut pemilih pertama menggunakan haknya, diikuti warga lainnya.

Anwar, mahasiswa pertukaran dari Universitas Institut Pertanian Bogor yang baru pertama kali memilih di luar negeri sangat antusias menggunakan hak pilihnya berbekal form A5. "Kapan nih giliran saya," katanya tidak sabar di antrean. Usai menggunakan hak pilih, warga menikmati aneka hidangan khas Indonesia. Nasi uduk, siomay, pempek, dan bakso menghangatkan badan di tengah suhu 9 derajat dan angin sepoi-sepoi.

Baca juga : Mentan: Petarung Lahir Di Ombak Besar

Dubes Sjachroedin dalam perbincangan dengan warga yang hadir menyampaikan, "Meski komunitas Indonesia di Kroasia tidak terlalu besar tapi yang paling penting harus kompak dan menjaga persatuan," tuturnya.

Alunan irama karaoke lagu-lagu populer dari genre pop, rock hingga dangdut pun turut memeriahkan suasana pesta demokrasi di Zagreb ini. Suasana semakin hangat dengan penampilan Grup Syantik yang menarikan dua tarian dengan apik.

Baca juga : KPK Lelang Barang Rampasan Perkara Zumi Zola

Mikrofon karaoke nyaris tidak sempat lagi menyentuh meja. Terus berpindah dari satu tangan ke tangan warga lainnya yang kualitas vokalnya tidak kalah dari penyanyi profesional. Jelang pukul 7 malam lagu Kemesraan menutup kemeriahan pesta demokrasi di Zagreb.

Sebanyak 90,24 persen surat suara tdigunakan untuk menyuarakan hak pilih warga baik yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap maupun Daftar Pemilih Tambahan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.