Dark/Light Mode

PSI Paling Dijagokan

Jokowi-Maruf Dominasi Pilpres 2019 di Frankfurt

Jumat, 19 April 2019 06:22 WIB
Pembukaan kotak suara TPSLN Frankfurt oleh Ketua PPLN Juanita Nababan, Rabu (17/4). (Foto: PPLN Frankfurt)
Pembukaan kotak suara TPSLN Frankfurt oleh Ketua PPLN Juanita Nababan, Rabu (17/4). (Foto: PPLN Frankfurt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf berhasil meraih 4.353 suara dari 5.149 pemilih, atau 84,54 persen dari total surat suara sah via TPS dan pos untuk wilayah kerja Frankfurt, yang meliputi 6 negara bagian di Jerman.

Sedangkan Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya meraih 796 suara atau 15,46 persen. Jumlah surat suara tidak sah ada 419.

Partai yang meraih surat suara terbanyak dalam penghitungan suara di KJRI Frankfurt adalah PSI (1.738 suara atau 38 persen dari total 4.569 suara sah), PDIP (1.431 suara atau 31 persen), PKS (488 suara atau 10 persen), NasDem (209 suara atau 4,6 persen) dan Golkar (183 suara atau 4 persen dari 4.569 total suara sah), Gerindra (136 suara atau 3 persen dari total suara sah).

Baca juga : Jokowi-Maruf Unggul di Amerika Serikat

"Proses pemilahan sampul 2 atau sampul balasan pemilih dengan metode Pos, dilakukan sejak pukul 7 pagi waktu setempat. Dilanjutkan dengan rapat penghitungan suara yang dibuka pukul 8, bertempat di KJRI Frankfurt. Surat suara terlebih dahulu disimpan di salah satu ruangan steril KJRI Frankfurt yang dilengkapi dengan CCTV," jelas Konsul Muda KJRI Frankfurt am Main, Dimas Wisudawan kepada Antara London, Kamis (18/4).

Penghitungan suara dilakukan dalam 6 kelompok berdasarkan metode pengumpulan surat suara, yaitu 1 melalui TPS dan 5 melalui Pos. Mengingat terbatasnya ruangan, basement KJRI Frankfurt juga difungsikan sebagai salah satu tempat penghitungan suara.

Partisipasi masyarakat meningkat dalam Pemilu 2019 ini. Pemilih via metode Pos mencapai 57 persen dan partisipasi pemilih di TPSLN mencapai 79,96 persen dari total pemilih yang terdaftar. Angka ini lebih tinggi dari pemilu 5 tahun sebelumnya.

Baca juga : Jokowi-Maruf Menang 90,9 Persen di Iran

"Proses penghitungan suara ditayangkan melalui siaran langsung ), yang dapat diakses di platform Youtube. Sehingga, mempermudah bagi WNI yang ingin menyaksikan penghitungan suara secara langsung, tanpa harus hadir di lokasi KJRI Frankfurt," tutur Dimas.

Sejumlah anggota masyarakat yang berdomisili di wilayah Frankfurt dan sekitarnya, turut hadir menyaksikan secara langsung penghitungan suara di KJRI Frankfurt.

Selain itu, Panwaslu Frankfurt dan para saksi dari masing-masing paslon dan partai politik juga ikut dalam penghitungan suara tersebut. Mereka cukup antusias dan tertib dalam mengikuti penghitungan suara. Sajian makanan ringan dan kue ala Indonesia di sela-sela penghitungan suara juga membuat acara semakin meriah.

Baca juga : KPU Jabar: Jokowi-Maruf Unggul Sementara di Jabar

Secara umum, proses penghitungan suara berjalan lancar, aman dan tertib. Acara penghitungan suara selesai pada Kamis (18/4) pukul 5 pagi waktu setempat, dengan durasi total 22 jam.

"Semua petugas bekerja keras, cermat dan maksimal, tanpa kehilangan keceriaan dan semangat, walau proses berjalan panjang. Tidak ada kendala yang signifikan," ujar Ketua PPLN Frankfurt, Juanita Nababan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.