Dark/Light Mode

Libur Paskah, Jokowi Jalankan Tugas-tugas Rutin

Sabtu, 20 April 2019 06:25 WIB
Capres 01 Jokowi (Foto: IG @jokowi)
Capres 01 Jokowi (Foto: IG @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi tak banyak melakukan kegiatan di Hari Libur Paskah, Jumat (19/4). Capres 01 ini mengisi hari dengan menjalankan tugas rutin, diselingi Jumatan dan menyapa warga. Hari libur dimanfaatkan Jokowi dengan berkegiatan di Istana Bogor.

Dari pagi hingga siang, Jokowi lebih banyak berkegiatan di Wisma Bayurini, Istana Bogor. Wisma Bayurini adalah tepat tinggal Jokowi bersama keluarga. Sekitar pukul 11.54 siang, Jokowi muncul di Masjid Baitussalam, yang letaknya masih di kompleks Istana. Jokowi tampil dengan stelan khasnya. Kemeja putih lengan panjang, bawahan hitam, peci hitam dan selop warna senada. Tiba di Masjid, Jokowi langsung duduk di shaf terdepan.

Setelah shalat Jumat, Presiden kembali ke Wisma Bayurini. Sebelumnya, Jokowi sempat menyapa warga yang ikut Jumatan di sana. Ia juga melayani permintaan warga yang ingin berswafoto. "Usai shalat, Jokowi kembali ke Wisma Bayurini," kata Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Bey Machmudin, Jumat (19/4).

Di akun media sosialnya, Jokowi juga tak banyak mengunggah foto kegiatan. Ada tiga postingan yang diunggah Jokowi di akun media sosialnya. Yang pertama, Jokowi mengucapkan selamat merayakan Hari Jumat Agung kepada umat Kristiani.

Baca juga : Quick Count Menangkan Jokowi, Saham Perusahaan Sandiaga Rontok

Unggahan kedua, Jokowi memasang foto kotak suara yang ada di sebuah darmaga kecil. Jokowi bilang, kita patut merasa bangga mengingat Pemilu 2019 ini begitu rumit, lebih dari 800.000 TPS dengan partisipasi pemilik hampir 81 persen dari 190 juta warga yang memiliki hak pilih.

"Alhamdulillah lancar dan damai. Terima kasih kepada semua yang telah bekerja untuk suksesnya Pemilu 2019," tulis Jokowi.

Postingan ketiganya masih tentang logistik Pemilu. Kali ini, Jokowi mengunggah foto perahu yang membawa logistik pemilu. Logistik Pemilu 2019 diantar ke kawasan Taman Nasional Baluran di pelosok Situbondo, sehari sebelum pemungutan suara.

"Tak semua TPS di Indonesia yang luas ini mudah dijangkau. Ada yang di gunung, pulau, daerah terpencil dan lain-lain. Terima kasih para petugas Pemilu 2019," ujar Jokowi.

Baca juga : Usai Debat, Jokowi Terbang Ke Tanah Suci Untuk Umrah

Sehari sebelumnya, Jokowi dan KH Ma'ruf Amin mengumpulkan para bos parpol koalisi pendukung di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta. Hadir dalam pertemuan itu, Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum PSI Grace Natalie, Ketum Perindo Hary Tanoe dan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono.

Usai melakukan pertemuan tertutup selama hampir 45 menit, mereka keluar memberikan pernyataan pers. Kepada wartawan, Jokowi mengaku mendapat ucapan selamat dari para kepala negara sahabat terkait capaiannya di Pilpres 2019. Ucapan selamat itu antara lain datang dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Serta 10 kepala negara lainnya.

Jokowi lalu menyinggung hasil hitung cepat l, yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Menurutnya, hampir semua quick count memiliki hasil yang tak jauh berbeda, dari hasil rekapitulasi suara yang dilakukan KPU.

"Kita tahu semuanya, quick count adalah ilmiah. Dari pengalaman pemilu yang lalu, akurasinya 99 persen hampir sama dengan real count KPU," ungkap Jokowi.

Baca juga : Resmikan Tol Paspro, Jokowi: Pengiriman Logistik Makin Cepat

Namun, dia tetap meminta seluruh rakyat tetap menunggu hasil penghitungan resmi KPU. Ia pun membenarkan, salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah soal quick count yang telah rampung 100 persen.

"Kemarin saya belum bisa berkomentar karena angkanya masih kecil, sekarang quick count semuanya sudah 100 persen. Jadi, kita tanggapi, ujar Jokowi.

Jokowi menyatakan, hasil quick count 12 lembaga survei memenangkan pasangan Jokowi-Maruf dengan angka 54,05 persen dan Prabowo-Sandi 45,05 persen.

"Tapi kita tetap menunggu penghitungan resmi dari KPU. Kita harapkan bisa secepatnya selesai," ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.