Dark/Light Mode

Debat Pilpres Jilid 4

Jokowi Tunjukan Kualitas Pemimpin

Minggu, 31 Maret 2019 14:58 WIB
Capres 01 Jokowi dalam acara Debat Pilpres Jilid 4 di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (30/3). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)
Capres 01 Jokowi dalam acara Debat Pilpres Jilid 4 di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (30/3). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, mengatakan, capres nomor urut 01 Jokowi telah menujukkan kualitasnya sebagai pemimpin yang matang, teruji dan solutif dalam debat keempat, Sabtu (30/3) malam.

Kualitas itu ditunjukkan dengan ketenangan Jokowi, saat berkali-kali diserang capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Baca juga : Soal Fitnah Khilafah dan PKI, Jokowi : Jangan Saling Menghujat

“Jokowi telah menunjukkan kualitas pemimpin yang matang, teruji, dan lebih solutif. Beliau sangat tenang dalam menjawab serangan-serangan Prabowo," kata Ace melalui keterangan tertulis yang diterima RMCO, Minggu (31/3).

Dalam debat, Jokowi juga dinilai Ace mampu menyesuaikan perkembangan zaman. Misalnya, menanamkan ideologi Pancasila kepada generasi muda, melalui bentuk visual di media sosial. Yang juga dinilai Ace adalah soal penguasaan Jokowi, terhadap isu militer dan pertahanan. Meski eks Wali Kota Solo atau Surakarta ini bukan berlatar belakang militer, namun isu itu dikuasai dengan baik olehnya. “Penguasaan terhadap isu keamanan sangatlah impresif,” puji Ace.

Baca juga : Jokowi : Tanamkan Pancasila Dari Usia Dini

Pada tema hubungan internasional, Ace mengatakan, capres petahana tersebut sudah membuktikan bahwa Indonesia diakui di kancah internasional. Dia mencontohkan salah satunya, yakni dalam penyelesaian konflik kelompok Rohingya di Myanmar.

Terakhir, Jokowi dinilai telah menjelaskan dengan baik kinerja pemerintah dan penggunaan teknologi dalam pemerintahan. Ini “diracik” Jokowi dengan istilah milenial sehingga mudah dimengerti.

Baca juga : Begini Rekayasa Lalin di Sekitar Hotel Shangri-La

“Jokowi kembali memperkenalkan istilah milenial, yaitu Dilan atau digital melayani. Konsep ini jelas akan mempertegas fungsi sejati pemerintahan ialah memberikan pelayanan yang cepat, memangkas birokrasi yang berbelit-belit, bertele-tele, dan rawan korupsi,” tandas Ace. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.