Dark/Light Mode

Resmikan Tol Paspro, Jokowi: Pengiriman Logistik Makin Cepat

Rabu, 10 April 2019 18:39 WIB
Presiden Jokowi meremikan Tol Pasuruan-Probolinggo, Rabu (10/4). (Foto: Net)
Presiden Jokowi meremikan Tol Pasuruan-Probolinggo, Rabu (10/4). (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Dengan peresmian ini jaringan tol Trans Jawa semakin panjang. waktu tempuh dan biaya logistik berkurang. 

Presiden Jokowi berharap, dengan diresmikannya tol tersebut, alur logistik bisa lebih cepat. Panjang Tol Paspro mencapai 31,3 kilometer (km) yang terdiri dari tiga seksi. Seksi 1 berada di Simpang Susun Tongas. Seksi 2 berada di Probolinggo Barat, Desa Muneng. Dan, Seksi 3 di Kecamatan Leces. 

"Dengan mengucap bismillah, ruas 1,2,3 jalan tol Pasuruan-Probolinggo, Probolinggo-Pasuruan pada pagi hari ini resmi dibuka," ucapnya.

Baca juga : Resmikan Temporary HSE, PHE Minimalisasi Kecelakaan

Dia berharap semakin panjangnya Tol Trans Jawa bisa meningkatkan mobilitas manusia dan barang. Sehingga alur logistik lebih cepat, dan industri kecil mikro bisa segera berkembang. Sebab menurutnya, kawasan industri kecil dan mikro (IKM) di sekitar Tol Paspro sangat potensial. Hal itu dikarenakan akses logistik semakin mudah.

Jokowi memandang, akses barang dan produk yang memasok pelaku UMKM bisa lebih mudah, murah, dan efisien. Bahkan dia meyakini dengan Tol Paspro, perekonomian sekitar bisa lebih berkembang. “Dan akses tempat pariwisata tadi sudah disampaikan Ibu Gubernur,” katanya.

Sebagai catatan, Tol Paspro masuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN) dan jaringan jalan tol Trans Jawa. Adapun, kontraktornya Waskita Karya. Proyek ini diperoleh Waskita pada 2015 dengan nilai kontrak Rp 2,9 triliun. Sebelumnya jalan tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.

Baca juga : Sibuk Kampanye, Kadang Jokowi Nggak Makan Siang

Menteri BUMN Rini menjelaskan, pengoperasian tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo. Semula 2,5 jam menjadi 30 menit. Diharapkan pengoperasian Tol Paspro turut mendorong roda perekonomian daerah dan nasional.

"Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu dan saat ini sudah diresmikan Bapak Presiden. Saya kira dengan adanya tol ini, masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam," katanya.

Presiden Direktur Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra menyebut, selain memangkas waktu tempuh, konektivitas yang lebih baik juga akan membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. 

Baca juga : Perta Arun Gas Resmikan Pusat Logistik Berikat

“Pembangunan tol ini diharapkan memberikan dampak bagi pemerataan pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Serta memperlancar dan mengurangi biaya angkutan logistik di Jawa Timur," pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.