Dark/Light Mode

Partisipasi Pemilih di Tokyo Cetak Rekor

Jokowi-Maruf Menang Banyak di Jepang

Sabtu, 20 April 2019 17:51 WIB
WNI yang akan menunaikan hak pilihnya di Pemilu 2019, tampak memadati halaman KBRI Tokyo, Jepang, Minggu (14/4). (Foto: KBRI Tokyo)
WNI yang akan menunaikan hak pilihnya di Pemilu 2019, tampak memadati halaman KBRI Tokyo, Jepang, Minggu (14/4). (Foto: KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dari berbagai hasil Pemilu 2019 yang dilangsungkan di luar negeri, paslon 01 Jokowi-Ma'ruf selalu berhasil menang telak atas lawannya, Prabowo-Sandi. Termasuk, dalam Pemilu 2019 di Tokyo, Jepang. Dari hasil penghitungan surat suara yang dilaksanakan pada Rabu (17/4) di Balai Indonesia/Sekolah Republik Indonesia di Tokyo, Jokowi-Ma’ruf berhasil mengantongi 5.955 suara. Terpaut jauh dengan Prabowo-Sandi, yang hanya mengumpulkan 3.534 suara. 

Baca juga : Jokowi-Maruf Dominasi Pilpres 2019 di Frankfurt

Sedangkan untuk Pemilu Legislatif, , PKS dan PDIP menjadi peraih suara tertinggi di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo. Masing-masing mengantongi 1.869 dan 1.727 suara. 

Baca juga : Kantongi 78,36 Persen Suara, Jokowi-Maruf Menang Banyak di Roma

Penghitungan suara yang efektif dilaksanakan pada Rabu (17/4) pukul 13.45 waktu setempat, hingga Kamis (18/4) pukul 21.45 waktu setempat di KBRI Tokyo, dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), PPLN, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan saksi-saksi. Baik dari pasangan calon Presiden/Wakil Presiden, maupun dari partai politik. Penghitungan suara disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia di Tokyo, dan disiarkan secara  livestreaming.

Dubes RI untuk Jepang Arifin Tasrif dan istri, Ratna Mirah Tasrif saat menunaikan hak pilihnya di Pemilu 2019, yang berlangsung di KBRI Tokyo, Jepang, Minggu (14/4). (Foto: KBRI Tokyo)

Baca juga : Jokowi-Maruf Menang 90,9 Persen di Iran

Pemilu di Tokyo yang berlangsung pada Minggu (14/4), mendapat antusias yang tinggi dari WNI. Hal itu terlihat dari panjangnya antrean calon pemilih,  sejak pagi sampai malam. Dari 2.222 calon pemilih yang terdaftar, 1.937 WNI tercatat telah menunaikan hak pilihnya. Dengan demikian, persentase partisipasi pemilih di negeri Sakura ini mencapai 87,17 persen. Dari sisi partisipasi dan jumlah pemilih,  angka ini merupakan rekor dalam Pemilu Indonesia di Tokyo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.