Dark/Light Mode

Dialog Dengan Partai Rusia Bersatu, Golkar Ingin Kerja Sama Makin Intensif

Selasa, 29 Juni 2021 19:46 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat dialog bersama Partai Rusia Bersatu dan sejumlah perwakilan partai negara ASEAN, Selasa (29/6). (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto saat dialog bersama Partai Rusia Bersatu dan sejumlah perwakilan partai negara ASEAN, Selasa (29/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut baik kerja sama yang dibangun antara Partai Rusia Bersatu dan partai politik dari negara-negara ASEAN. Forum ini sangat bermanfaat bagi jaringan multilateral dalam membangun kerja sama yang lebih intensif.

"Suatu kehormatan bagi kami dapat bertemu di acara ini yang berdampak pada hubungan negara dalam memperkuat kerja sama bilateral dan multilateral," ungkap Airlangga dalam sambutannya secara virtual dari Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (29/6).

Pertemuan virtual dengan tema Peran Kekuatan Politik Yang Bertanggung Jawab Rusia dan Negara-negara ASEAN dalam Memperkuat Arsitektur Keamanan dan Kerjasama di Kawasan Asia-Pasifik sekaligus memperingati 25 tahun hubungan Rusia dan ASEAN. 

Dialog virtual ini juga dihadiri Ketua Umum United Russia Party Dmitry Medvedev, Presiden Laos Thongloun Sisoulith, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Sekretaris Eksekutif Partai Vietnam Vo Van Thuong, Presiden Partai Demokrat Filipina Manny Pacquiao, Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) Dato' Seri Dr. Ahmad Zahid Hamidi.

Baca juga : RI dan Italia Akan Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Dari jajaran Partai Golkar yang ikut hadir dalam pertemuan virtual di antaranya Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasmita dan Nurul Arifin, Ketua DPP Partai Golkar bidang MPO Meutya Hafid dan Ketua DPP Partai Golkar bidang Hublu Dave Laksono.

Dialog dalam forum ini membahas masalah global dan regional serta membuka kesempatan kerja sama ekonomi dalam segala bidang. Selain itu, kerja sama penanganan pandemi dan memastikan double track diplomacy berjalan dari sisi partai.

Kerja sama Partai Rusia Bersatu dengan negara-negara ASEAN ini juga memperkuat strategi keamanan di kawasan regional Asia Pasifik. Kerja sama tersebut utamanya dilakukan antara Golkar dengan United Russia Party atau Partai Rusia Bersatu. Selain itu, pertemuan juga bagian dari dialog ASEAN-Rusia yang telah berlangsung sejak 1996.

"Pertemuan antara partai politik ASEAN dan Partai Rusia Bersatu ini menjadi bagian dari hubungan bilateral antara negara ASEAN di mana partai politik akan lebih efektif dalam melaksanakan kerja sama," tambahnya.

Baca juga : Arsjad Ingin Kadin Beri Manfaat Untuk UMKM

Airlangga menyatakan, Indonesia memiliki hubungan erat dengan beberapa negara ASEAN yang tergabung dalam forum ini Termasuk kerja sama di bidang perdagangan dan diplomasi politik.

Selain itu, hubungan bilateral Indonesia-Rusia dinilainya amat strategis. Rusia adalah salah satu kekuatan dunia yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Buktinya, kerja sama Indonesia-Rusia yang terjalin lama mampu mendukung stabilitas ekonomi kedua negara.

"Untuk itu, perluasan kerjasama melalui forum multilateral sangat diperlukan agar dapat mendukung stabilitas ekonomi negara kawasan yang berdampak pada Indonesia dan sekitarnya," tandas Airlangga.

Di sektor ekonomi, untuk mewujudkan kemudahan berinvestasi di Indonesia, pemerintah telah membuat peraturan Omnibus Law, Undang-undang (UU) Cipta Kerja. Peraturan tersebut diklaim sebagai inisiatif Partai Golkar untuk memberikan kemudahan berusaha.

Baca juga : Dukung Sentra Vaksin Bersama, PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik

"Kami mengundang anda untuk berinvestasi di berbagai bidang, tak hanya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga untuk meningkatkan pertumbuhan daerah serta mitra kami," ajak Airlangga.

Menyikapi momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang berpotensi membuka kembali pasar terbuka dengan Rusia, Airlangga berharap negara ASEAN melalui partai politik dapat menjadi bagian dari jembatan hubungan bilateral.

Golkar kata dia, mewakili Indonesia, terus menjalin kerja sama antar partai dan antar negara sahabat. Kegiatan ini secara strategis menunjukan bahwa ASEAN termasuk Indonesia adalah sahabat yang perlu terus bekerja sama secara G to G dan partai to partai. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.