Dark/Light Mode

Dirikan Posko Siaga Covid-19, Nasdem DKI Siapkan 50.000 Dosis Vaksin

Kamis, 1 Juli 2021 20:16 WIB
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino. (Foto: Ist)
Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tidak tinggal diam melihat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang sudah sangat mengkhawatirkan. Karena itu, Partai Nasdem berkomitmen untuk membantu pemerintah dan warga dengan mendirikan Posko Siaga Covid-19 di lima wilayah di DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Nasdem Peduli. Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem DKI Jakarta Wibi Andrino menyatakan, Posko Siaga Covid-19 ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. "Posko Nasdem Peduli untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 yang belakangan sangat mengkhawatirkan," ungkap Wibi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (1/7).

Program Posko Nasdem Peduli antara lain memberikan vaksinasi bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu,  melaksanakan rapid tes antigen dan pemberian bantuan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

Baca juga : Krakatau Steel Berikan Pasokan Oksigen Gratis

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI itu mengatakan, Posko Siaga Covid-19 Partai Nasdem akan didirikan di lima wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Selatan, Pusat, Barat, Utara dan Timur. Di Jakarta Selatan, Posko Siaga Covid-19 Partai Nasdem berada di Gelanggang Remaja Kecamatan Pesanggrahan. Sementara Jakarta Pusat di SDN 04 Kecamatan Cempaka Putih dan di Jakarta Barat di Gelanggang Remaja Kecamatan Kalideres. Untuk Jakarta Utara di Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok dan di Jakarta Timur akan digelar di Kawasan Pulogadung Trade Centre Mall.

Program ini dilakukan oleh Badan Rescue Partai Nasdem dan DPW Partai Nasdem DKI Jakarta. Program dimulai dari tanggal 5 Juli 2021 hingga 13 Agustus 2021.

Sementara itu, Ketua DPP Badan Rescue Nasdem Hariadi Anwar menerangkan, setiap DPD Partai Nasdem di DKI akan mendapatkan kuota vaksinasi sebanyak 5.000 orang.

Baca juga : Sandiaga Mau Paketkan Wisata Dengan Vaksinasi

"Ada 5 DPD Partai Nasdem di DKI, berarti total bakal ada 25.000 penerima atau 50.000 dosis vaksin," ungkapnya.

Pemberian vaksinasi terhadap warga, papar Hariadi, akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama digelar pada 5 Juli hingga 15 Juli untuk pemberiaan vaksin dosis pertama, sedangkan tahap kedua pada 2 Agustus hingga 13 Agustus 2021.

"Selesai vaksinasi pertama dan menunggu vaksinasi kedua, sentra vaksinasi akan tetap berkerja menjadi posko kesehatan dan melakukan tes antigen serta pemeriksaan kesehatan terkait. Sekaligus membagikan obat-obatan dasar dan vitamin kepada warga yang membutuhkan," ujar anggota DPRD DKI itu.

Baca juga : TNI Kirim 176 Nakes Akmil Bantu Penanganan Covid-19 Di Jakarta

Tak hanya itu, sambung Hariadi, di setiap posko akan disiapkan dua mobil ambulans Nasdem dan dua mobil jenazah. Satu mobil ambulans dan satu mobil jenazah diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Selama 24 jam akan dioperasikan oleh kader Nasdem di tiap-tiap wilayah melalui Posko Siaga Covid-19 Partai Nassem," imbuhnya.

Sedangkan satu mobil ambulans dan satu mobil jenazah lagi, kata Hariadi, akan diserahpinjamkan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat. Lantas, bagaimana masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi itu? Hariadi mengatakan warga dapat mengisi formulir pendaftaran Program Nasdem Peduli Vaksinasi Covid-19 itu secara online. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.