Dark/Light Mode

Elektabilitasnya Salip Ketua DPR & Ketum Golkar

AHY Puasa Ngomongin Pilpres

Senin, 9 Agustus 2021 07:15 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Menurut Herzaky, mungkin saja, hasil survei ini menjadi indikator harapan rakyat agar ada regenerasi kepemimpinan di 2024, dengan munculnya Ketum AHY sebagai salah satu capres dengan elektabilitas tertinggi.

Untuk diketahui, AHY moncer di survei New Indonesia Research and Consulting dengan menempati posisi kelima bursa capres dengan elektabilitas sebesar 5,8 persen. Hasil ini, di atas dua politisi top partai besar. Yaitu, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto. Puan yang merupakan Ketua DPR itu berada di posisi ke-11 dengan raihan 1,4 persen, sedangkan Airlangga yang merupakan Menteri Koordinator Perekonomian itu harus puas di posisi ke-12 dengan 1,3 persen.

Baca juga : Puan Balas Air Tuba Dengan Air Susu

“Di tengah perang baliho politisi, elektabilitas Puan Maharani dan Airlangga masih jauh tertinggal. Justru AHY yang paling berkibar,” kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research and Consulting Andreas Nuryono melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Dijelaskan, tren kenaikan elektabilitas AHY ini mulai terbaca sejak survei yang digelar pada Mei 2021. Awalnya, elektabilitas anak sulung Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya sekitar 2 persen. Belakangan, angka itu naik menjadi 5 persen.

Baca juga : Munas Kadin Antiklimaks

Sementara posisi puncak ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elekta­bilitas sebesar 20,5 persen. Di posisi kedua, ada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan 16,7 persen. Peringkat ketiga, ada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (16,1 persen) diikuti Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan (6,0 persen).

Survei ini dilakukan pada 21-30 Juli 2021 dengan sambungan telepon kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019, dengan margin of error sekitar 2,89 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.