Dark/Light Mode

Gondol 42 Kursi DPRD Provinsi

PDIP Kuasai Jawa Tengah

Sabtu, 11 Mei 2019 07:12 WIB
Gondol 42 Kursi DPRD Provinsi PDIP Kuasai Jawa Tengah

RM.id  Rakyat Merdeka - Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memang jadi kandang banteng. Banteng kuasai parlemen dengan 42 dari 120 kursi DPRD Jateng. Capaian PDIP ini melampaui target ditetapkan partai banteng. Yakni Cuma 36 kursi DPRD Jawa Tengah.

Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyanto menjelaskan, berdasarkan hasil hitung formulir DB 1, PDIP berhasil meraih 42 kursi DPRD Provinsi Jateng.

“Target kami meraih 36 kursi DPRD Jateng. Jadi raihan 42 kursi dari total 120 kursi DPRD Jateng ini melampaui target berdasarkan prediksi dari rekapitulasi penghitungan suara. Tapi, untuk hasil resminya masih menunggu KPU,” ujar Bambang, di Semarang, Jumat (10/5).

Menurut Bambang, kursi terbanyak DPRD Provinsi Jateng disumbang dari dua daerah. Yakni masing-masing lima kursi dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng 6 meliputi Kabupaten Sragen, Karanganyar, Wonogiri dan Dapil 7 meliputi Kota Surakarta, Klaten dan Sukoharjo.

Baca juga : Sabet 10 Kursi, PKS Kuasai Kota Bogor 

Soal komposisi, Bambang mengungkapkan, dari jumlah kursi diraih PDIP di DPRD Jateng itu, 22 kursi adalah merupakan petahana, sedangkan 20 kursi diraih wajah baru.

Petahana yang diprediksi kembali terpilih pada Pileg 2019 antara lain, Alwin Basri, Asfirla Harisanto, Dyah Kartika Permanasari, Ahmad Ridwan, Maria Tri Mangesti, dan Peni Dyah Perwitosari.

“Adapun sejumlah wajah baru terpilih di antaranya Bambang Kusriyanto, Baginda Muhammad Mahfuz, Eko Susilo, Saiful Hadi, Juli Krisdianto, serta dan Pujo Widiono,” jelasnya.

Sementara itu, PKB menduduki posisi kedua dengan raihan 20 kursi DPRD Provinsi Jateng. Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman mengklaim PKB diperkirakan bakal meraih 22 kursi. Jumlah itu meningkat dari sebelumnya yang hanya 13 kursi.

Baca juga : Empat Caleg Artis Diprediksi Kandas Di Dapil I Jawa Timur

“Semua dapil dapat kursi, termasuk di Dapil 6 Kabupaten Sragen Karanganyar dan Wonogiri, yang pada pemilu 2014 tak mendapat kursi DPRD Jateng,” kata Sukirman, kemarin.

Wakil Ketua DPRD Jateng ini mengatakan, perolehan kursi di tiap dapil berbeda. Ada yang mendapat satu kursi, ada pula tiga kursi. “PKB kuat di Dapil 12 dan Dapil 13 yang diperkiarakan masing-masing meraih tiga kursi DPRD Jateng,” tandasnya.

Bagaimana dengan perolehan PKS di DPRD Provinsi Jateng? Ketua Bidang Humas DPW PKS Jateng Hadi Santoso mengatakan, dari hasil penghitungan internal perolehan kursi di DPRD Jateng, PKS diperkirakan meraih 10 kursi.

Jumlah itu sama dengan peroleh kursi DPRD Jateng saat Pemilu 2014. “Dari 13 dapil di Jateng yang ada kami gagal meraih kursi DPRD Jateng di Dapil 4, Dapil 6, dan Dapil 9,” paparnya.

Baca juga : PSI Jadi Kejutan Di Tangsel

Menurut anggota Fraksi PKS DPRD Jateng, dari 10 caleg yang akan duduk di DPRD Jateng mendatang kebanyakan wajah baru. “Untuk kepastian 10 nama caleg PKS yang akan duduk di DPRD Jateng menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum,"ujarnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.