Dark/Light Mode

Gantikan Saut M Tamba

Hari Ini, Sorta Dilantik Jadi Ketua DPRD Samosir

Kamis, 9 September 2021 06:50 WIB
Politisi PDI Perjuangan, Sorta E Siahaan, akan dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). (Foto: Istimewa)
Politisi PDI Perjuangan, Sorta E Siahaan, akan dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Diketahui, Saut adalah kader PDI Perjuangan yang dipecat DPP akibat kekalahan Pasangan Calon (Paslon) Rapidin Simbolon-Juang Sinaga di Pilkada 2020. Pasangan ini diusung PDIP pada Pilkada Samosir.

Akibat pemecatan itu, DPRD Kabupaten Samosir menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman pemberhentian dan pergantian pimpinan dewan dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat (13/8) di Gedung DPRD Samosir.

Baca juga : Pertamina Perkuat Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi

Rapat paripurna itu dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD, Samosir Pantas Marroha Sinaga bersama Nasib Simbolon dan dihadiri 16 Anggota DPRD lainnya dari 25 Anggota DPRD Samosir.

Dalam paripurna itu, jabatan Ketua DPRD Samosir Periode 2019-2024, yang sebelumnya diemban Saut M Tamba, diberhentikan dan digantikan oleh Ketua DPC PDIP Samosir, Sorta E Siahaan.

Baca juga : Belum Lama Lepas Jabatan PM Malaysia, Muhyiddin Yassin Dilantik Jadi Ketua Majelis Pemulihan Negara

Deputi Bidang Hukum Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat DPP PDIP, Arteria Dahlan sempat mengecam DPRD Kabupaten Samosir karena sempat mengulur ulur waktu paripurna pemecatan Saut.

Dia menegaskan, penugasan, pemecatan, mutasi dan demosi (penurunan jabatan) kader partai adalah kedaulatan partai politik. “Termasuk penugasan Ketua DPRD Samosir, ketua fraksi dan anggota fraksi. Jadi Saut Martua Tamba dan kawan kawan yang lima orang lagi, mundurlah sebelum banyak implikasi hukum yang akan Anda hadapi,” jelasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.