Dark/Light Mode

Gibran Puji-puji Anies

Banteng Kaget, PSI Tak Terima

Jumat, 17 September 2021 07:30 WIB
Puji-puji Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bikin kaget orang-orang PDIP. (Foto: Istimewa)
Puji-puji Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bikin kaget orang-orang PDIP. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia lantas menjelaskan filosofi kepemimpinan Jawa. Akan dianggap tidak etis jika seseorang memuji diri sendiri atau keluarga.

Secara umum, memang pujian itu diarahkan ke Anies. Namun, jika berkaca dari filosofi Jawa, pujian Gibran tentu tersemat untuk ayahnya.

Baca juga : BPIP: Guru Penting Agar Pelajar Tidak Tersesat

Basarah berharap, Anies fair dan jujur untuk mengakui kesuksesan Jokowi mengatasi pandemi di Tanah Air, termasuk Jakarta. Karena DKI bagian dari provinsi Indonesia, dan bukan bersifat “negara dalam negara”.

“Sikap pemimpin yang jujur dan obyektif seperti itu sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Sukses pembangunan nasional memang harus ada prasyarat, adanya gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah. Serta tidak boleh jalan sendiri-sendiri,” imbuhnya.

Baca juga : Banteng Pantang Terlena

Basarah tidak melihat pujian dari Gibran ke Anies terselubung motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024. Pasalnya, baik Gibran maupun PDIP sendiri sebagai partai tempat Gibran bernaung, masih fokus membantu Jokowi untuk berjuang mengatasi pandemi.

Bagaimana dengan PSI? Partai yang paling keras mengkritik Anies di DKI Jakarta itu, tidak terima dengan sikap Gibran. Ketua PSI DKI Jakarta, Mike Sianipar mengingatkan Anies, untuk tidak besar kepala. Pujian Gibran itu, untuk Jokowi, bukan Anies yang telah sukses menekan penyebaran Corona di Indonesia, juga Jakarta.

Baca juga : NasDem Punya Prasangka Baik

“Termasuk Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Kesehatan. Tapi, Mas Gibran tidak ingin memuji-muji kerja Jokowi. Tapi, justru ingin membagi pujian kepada gubernurnya juga. Ini justru wujud kebesaran hati Gibran,” terang Mike.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.