Dark/Light Mode

Gibran Puji-puji Anies

Banteng Kaget, PSI Tak Terima

Jumat, 17 September 2021 07:30 WIB
Puji-puji Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bikin kaget orang-orang PDIP. (Foto: Istimewa)
Puji-puji Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bikin kaget orang-orang PDIP. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio tidak ingin menanggapi protes PDIP dan PSI ke Gibran terkait pujiaannya kepada Anies. Menurutnya, itu hak PDIP dan PSI untuk punya pandangan berbeda dengan Gibran.

Namun, kata dia, hal menarik yang patut diapresiasi, yakni sikap pemimpin di negeri ini semakin dewasa dalam berpolitik. “Artinya, kalau ada yang bagus, dipuji. Tanpa memandang latar belakang atau tujuan politik ke depannya,” ulas pengamat yang akrab disapa Hensat ini.

Baca juga : BPIP: Guru Penting Agar Pelajar Tidak Tersesat

Soal pesan tersirat, Hensat menyebut hanya Gibran dan Anies yang paham. Namun, dengan cairnya komunikasi antara kedua tokoh ini, sangat mungkin mengubah situasi politik di 2024. Bisa saja, bermula dari Gibran, kemudian hubungan Anies dan Jokowi bisa seperti masa-masa perjuangan menuju Pilpres 2014.

Artinya, sangat mungkin mengubah peta politik. Karena sampai saat ini, Jokowi belum menentukan pilihan kepada siapa menjatuhkan dukungannya. Hal itu tercermin dari sikap para relawannya.

Baca juga : Banteng Pantang Terlena

“Sampai hari ini belum ada perintah kan, relawannya mendukung siapa. Tapi, dengan terbukanya komunikasi dan bila nanti kembali mesra dengan Jokowi bukan tidak mungkin Jokowi akan mendukung Anies,” pungkasnya.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai wajar Gibran memuji Anies. Namun, di balik pujian itu, dia menyebut ada dua kemungkinan. Yakni, gimmik politik atau Gibran memang benar-benar mengidolakan Anies.

Baca juga : NasDem Punya Prasangka Baik

“Karena manusia termasuk politisi itu bisa banyak melakukan peran dalam satu kesempatan. Gimmik iya. Idola mungkin saja,” pungkasnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.