Dark/Light Mode

Raih Suara Terbanyak, Rano Karno Optimis Duduk di DPR RI

Rabu, 15 Mei 2019 21:35 WIB
Rano Karno. (Foto: Twitter@Ranodoelkarno).
Rano Karno. (Foto: Twitter@Ranodoelkarno).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 274.294 suara diraihnya. Mantan Gubernur Banten Rano Karno dapat dipastikan bakal duduk di DPR RI. Dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) Banten 3.

Dapil meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel. Rano menjadi Caleg dengan perolehan suara terbanyak di Tangerang Raya. Bahkan Se-Provinsi Banten, Rano terbilang Caleg dengan suara terbanyak.

Di Kabupaten Tangerang Rano mendapatkan 101.369 suara. Dari Kota Tangerang mendapatkan 87.497 suara. Kota Tangsel meraih 85.428 suara.

Baca juga : Suara Terbanyak, Dua Caleg PDIP Goyang Kandang Prabowo

Sekretaris DPD PDIP Banten Ananta Wahana mengungkap faktor utama perolehan suara Rano. Selain dikenal sebagai aktor film, Rano pernah menjabat Wakil Bupati Tangerang.

Selain itu berlanjut menjabat Wakil Gubernur Banten dan Gubernur Banten. "Orang banyak kenal dia. Saya melihat ketika Pak Rano belum berhasil sebelumnya menjadi Gubernur 2 periode menjadi bahan evaluasi sehingga Pileg Pilpres ini rajin sekali ke masyarakat, sehingga suaranya banyak dan ngangkat," kata Ananta saat dijumpai wartawan, Rabu (14/5).

Sedangkan untuk suara tertinggi kedua di dapil Banten 3 atau Tangerang Raya ialah Sufmi Dasco Ahmad dari partai Gerindra sebanyak 99.002 suara. Disusul oleh Andi Achmad Dara dari partai Golkar yang mendapatkan 84.11 suara.

Baca juga : Jokowi Optimistis 2045 Indonesia Jadi Negara Besar

Posisi keempat, Rano Alfath dari PKB yang mendapatkan 83.416 suara. Pengamat politik Abdul Hamid menyebutkan, perolehan suara Rano Karno pada Pemilu 2019 menjadi keuntungan sendiri bagi PDI Perjuangan di Provinsi Banten.

Perolehan suara Rano Karno merupakan suara Caleg tertinggi Se-Tangerang Raya dan juga di seluruh dapil yang ada di provinsi Banten. Suara ‘Si Doel’ berkontribusi besar memboyong hingga tiga kursi DPR RI di Banten 3 atau dari total 5 kursi Caleg PDIP Se-Banten yang berhasil lolos ke Senayan.

Hasil tertinggi yang diraih, menurut Hamid, merupakan faktor individu Rano sebagai mantan Wakil Bupati Tangerang dan mantan Gubernur Banten.

Baca juga : Masih Banyak Yang Anggap Demokrasi Itu Bidah

"Rano Karno muncul dan telah menyelamatkan PDIP di Provinsi Banten," pungkasnya. [DRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.