Dark/Light Mode

Gaungkan Duet Anies-Sandi

PKS Pinter Dagangnya

Sabtu, 18 September 2021 07:45 WIB
PKS menggaungkan duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024. (Foto: Antara)
PKS menggaungkan duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Lalu bagaimana prediksi pengamat? Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari sudah menganalisa akan muncul opsi pasangan ini. Bahkan sangat mungkin terwujud. Alasannya, Anies punya elektabilitas dan Sandi punya dananya. Ia mengistilahkan, pasangan nostalgia. Nostalgia keberhasilan di pilgub DKI Jakarta itu mau diulangi di Pemilu 2024.

“Bicara calon petarung di pilpres, tak lepas dari elektabilitasnya,” ujarnya.

Namun, kata Qodari, ada tantangan yang harus mereka lalui. Yakni, soal syarat pencalonan. Saat ini, Sandi merupakan kader Gerindra. Sementara sudah menjadi rahasia umum bahwa partai berlogo garuda ini, masih ngebet mencalonkan Prabowo.

Baca juga : Manjakan Dua Merpati, Wanita Rogoh Rp 8 Juta Per Bulan

Begitu juga dengan Anies, terbentur urusan parpol. Pengamatan Qodari, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bakal didukung PKS. Mengingat partai yang dipimpin Syaikhu itu, tidak memiliki calon.

Lantas apa yang harus dilakukan agar pasangan ini terwujud? Qodari bilang, Sandi punya PR: mencari dua partai untuk bisa mendukung pasangan nostalgia ini. “Mungkin kesulitannya ada di sana. Kalau cari satu partai, mungkin Sandi bisa. Tapi kalau dua, itu kesulitannya,” ulas Qodari.

Menurutnya, Sandi hanya bisa mencari partai kelas menengah. Sebab jika partai besar, sangat sulit. Karena partai tersebut akan meminta ketua umumnya yang menjadi capres. Sehingga, duet Anies-Sandi gagal terwujud.

Baca juga : Menang Tipis, Pelatih Iwan Setiawan Apresiasi Tim PSIS Semarang

Untuk diketahui, elektabilitas Anies dan Sandi dalam beberapa survei juga terus naik. Bahkan Anies langganan tiga besar di bawah Prabowo.

Misalnya, berdasarkan survei Indikator Politik. Survei yang dirilis Agustus lalu, menempatkan Anies di posisi dua capres 2024. Dia kalah dari Prabowo. Sedangkan Sandi ada di posisi lima. Dia berhasil lewati Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) awal tahun ini, Anies ada di posisi tiga besar capres 2024. Di bawah Prabowo dan Ganjar Pranowo. Sedangkan Sandi ada di posisi lima. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.