Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaungkan Duet Anies-Sandi

PKS Pinter Dagangnya

Sabtu, 18 September 2021 07:45 WIB
PKS menggaungkan duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024. (Foto: Antara)
PKS menggaungkan duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilpres 2024 masih tiga tahun lagi, tapi PKS sudah mulai kasak-kusuk cari jagoannya. Partai dakwah itu, menggaungkan duet Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk Pilpres 2024. Akankah dagangan PKS ini laris manis?

Usulan duet Anies-Sandi disampaikan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu usai menemui warga Kelurahan Paccerakang, Kelurahan Biringkanaya, Makassar, kemarin.

Syaikhu menilai, duet Anies-Sandi masih menjual, sehingga patut dipertimbangkan. Buktinya, duet ini mampu menyingkirkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni pada Pilkada DKI lalu.

Baca juga : Manjakan Dua Merpati, Wanita Rogoh Rp 8 Juta Per Bulan

“Saya kan pernah menjadi bagian tim pemenangan Anies-Sandi. Wacananya masih sangat cair soal paket Anies-Sandi, tapi mereka pernah terbukti di DKI Jakarta kan,” ujarnya.

Meski begitu, PKS tidak lantas akan mengusung Anies-Sandi pada Pilpres 2024. Pihaknya ingin mengetahui terlebih dahulu keinginan masyarakat. PKS akan melakukan survei pada akhir September. Sehingga kemudian, akan tergambar siapa kira-kira yang potensial dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Menurut Syaikhu, pasangan ini sangat bergantung pada koalisi partai politik. Kata Syaikhu, kondisi koalisi partai masih sangat cair, meski terdapat dinamika. “Saya kira, keniscayaan tinggal kesepakatan di antara parpol,” tutur politikus kelahiran Cirebon 56 silam itu.

Baca juga : Menang Tipis, Pelatih Iwan Setiawan Apresiasi Tim PSIS Semarang

Menariknya, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai terkait persiapan menuju kontestasi 2024. “Kita tidak terkait dengan salah satu partai, makanya tadi saya bilang koalisi-koalisi ini masih mencair dan dengan siapapun bisa. Anies-Sandi itu hanya salah satu opsi,” ungkapnya.

Bagaimana tanggapan Gerindra soal Anies-Sandi? Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman meminta, Anies dan Sandi tidak diganggu soal urusan capres. Menurut dia, biarkan mereka fokus pada kerjaannya masing-masing.

“Kita tahu kedua orang tersebut ada di posisi pejabat publik. Alangkah eloknya kalau kita biarkan kedua tokoh tersebut konsentrasi menjalankan tugas-tugasnya. Pertama yang terkait dengan pandemi. Jangan kita ganggu dengan wacana-wacana,” pesan Habib.

Baca juga : Nasib Andika Di Tangan Jokowi

Dia mengaku, risih jika sudah membicarakan wacana capres-cawapres. Padahal, yang terpenting saat ini adalah bagaimana bersama-sama mengatasi pandemi, dan hidup normal seperti sedia kala.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.