Dark/Light Mode

Kepercayaan Rakyat Merosot

Elit Parpol Suka Ngibul Sih

Rabu, 29 September 2021 07:25 WIB
Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara dan partai politik. (Foto: Dok. IPI)
Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara dan partai politik. (Foto: Dok. IPI)

 Sebelumnya 
Dikatakan, parpol tidak mungkin memperkuat demokrasi kalau berjarak dengan masyarakat. Untuk itu, tidak ada pilihan selain meletakkan kepercayaan masyarakat kepada partai politik. “Makanya, partai politik bersama anggotanya harus mulai berbenah diri, melakukan pendekatan, dan mengubah perilaku,” ungkap Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR ini.

Senada, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengakui, perlu ada perbaikan kinerja anggota partai politik dan DPR. “Terutama dari aspek kinerja partai politik dan kemudian persepsi publik terhadap kinerja Dewan Perwakilan Rakyat,” katanya, kepada Kompas, kemarin.

Baca juga : TNI Juaranya, Polri Salip KPK

Namun, Wakil Ketua Komisi VII DPR ini juga menilai, kinerja anggota DPR dan partai politik aktif di masa pandemi Covid-19 sangat aktif. Eddy berharap, kinerja DPR dalam penanganan pandemi juga menjadi salah satu aspek dalam survei ke depan.

Menurutnya, anggota dewan terus bekerja selama pandemi, misalnya terkait fungsi legislasi atau membuat undang-undang. Dia meminta, hal-hal positif di DPR sejauh ini yang belum terekam dalam berbagai survei juga dilihat. Sehingga tidak diketahui secara luas oleh masyarakat.

Baca juga : PSI Pilih Tutup Kuping

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei terbarunya, terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara. Survei itu digelar pada 17-21 September 2021 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak, dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan pada rentang Maret 2018-Juni 2021.

Hasilnya, tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik menjadi yang terendah dengan 48 persen. Kemudian, tingkat kepercayaan publik terhadap DPR sebesar 50 persen. Selanjutnya, DPD dengan tingkat kepercayaan 52 persen, MPR 57 persen, kejaksaan 61 persen, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 65 persen. [BSH/REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.