Dark/Light Mode

Dikasih Panggung Oleh Zul Di Bali

2022, Anies Bulatkan Tekad Keliling Dari Sabang-Merauke

Selasa, 5 Oktober 2021 08:54 WIB
Dari kiri: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Hatta Rajasa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Antara)
Dari kiri: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Majelis Pertimbangan PAN Hatta Rajasa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Kehadiran mereka diharapkan mampu membangkitkan semangat kader PAN untuk terus berupaya menyejahterakan rakyat. “Kita ingin dengar pengalaman-pengalaman mereka. Kader PAN harus belajar dari para pemimpin yang dianggap berhasil ini. Disukai masyarakat karena ide-ide dan terobosannya,” terang Zulhas.
 
Saat dapat giliran bicara, Anies memulai dengan menyatakan, masa jabatannya di Jakarta akan selesai pada 2022. Dia berharap, bisa selesai dengan husnul khatimah. Masyarakat suka dengan kepemimpinannya sehingga bisa dipertanggungjawabkan di akhirat.
 
"Yang ada di benak saya adalah, ini dituntaskan. Bisa lapor pada umat, lapor pada masyarakat, amanat, nih namanya sama nih, amanah sudah dijalankan dengan baik. Tuntas," ujarnya, menjawab pertanyaan moderator acara, Zita Anjani.
 
Anies menyebut, dirinya adalah gubernur dadakan. Sebab, awal-awal menjelang Pilgub DKI Jakarta, namanya tidak pernah muncul. Namanya baru banyak dibicarakan menjelang akhir pencalonan.
 
“Saya hanya berharap, semua yang dikerjakan di sini tuntas. Sehingga orang percaya pada proses demokrasi. Karena saya ini calon gubernur yang tidak sengaja jadi calon gubernur," papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.
 
Setelah beres di DKI pada 2022, Anies mengaku akan berkeliling Indonesia untuk melihat kondisi rakyat keseluruhan. "Nah, sesudah itu saya jadi orang bebas. Sabagai orang bebas, saya menikmati keliling ke mana-mana," imbuhnya.
 
Anies kemudian memaparkan capaian kerjanya. Untuk bidang keagamaan, Pemprov DKI memberikan dana Rp 1 juta untuk seluruh tempat ibadah di Ibu Kota dan Rp 500 ribu per bulan untuk pekerja agama di tempat ibadah.
 
Anies juga bercerita soal rencana kampanye Pilkada 2022 yang kandas. Dia mengaku, hal itu bukan soal serius. Sebab, kesempatan itu bisa dimanfaatkannya untuk mengabdi lebih maksimal kepada rakyat. "Kalau pilkadanya nggak ada, ya sudah kita terusin saja kerja sampai terakhir," ucapnya, santai. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.