Dark/Light Mode

Posisi Masih Di Puncak, Elektabilitas PDIP Menciut Dikit

Sabtu, 13 November 2021 16:58 WIB
Posisi Masih Di Puncak, Elektabilitas PDIP Menciut Dikit

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Y-Publica menyebut, elektabilitas PDIP turun dari kisaran 20 persen menjadi 17,8 persen. Meski posisinya masih di puncak.

“Meskipun turun, PDI Perjuangan masih kokoh di puncak elektabilitas partai politik,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam rilis yang diterima wartawan, Sabtu (13/11).

Rudi mengatakan, turunnya elektabilitas PDIP perlu menjadi perhatian serius bagi jajaran elite partai berkuasa tersebut.

Baca juga : Antisipasi Peningkatan Mobilitas, Pengawasan Prokes Kudu Ditingkatkan

Tren penurunan elektabilitas sebenarnya juga dialami sejumlah parpol lain. Seperti Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PKS. Partai Gerindra masih berada pada posisi kedua dengan elektabilitas 13,0 persen, disusul Partai Demokrat 10,4 persen, dan Partai Golkar 8,3 persen. Di papan tengah, terdapat PKB 6,0 persen, PKS 5,0 persen, dan Partai NasDem 4,0 persen.

Berikutnya ada PPP 2,2 persen, Partai Ummat 1,5 persen, PAN 1,2 persen, dan Partai Gelora 1,0 persen. Partai Ummat dan Partai Gelora menjadi dua partai baru yang paling moncer saat ini.

Partai-partai lainnya di papan bawah, yaitu Perindo 0,9 persen, Partai Hanura 0,8 persen, Partai Berkarya 0,6 persen, PBB 0,5 persen, PKPI 0,3 persen, dan Partai Garuda 0,1 persen.

Baca juga : Jokowi Minta Daerah Contek Rehabilitasi Mangrove Di Bali

Partai Masyumi tidak mendapat dukungan, sedangkan partai baru lainnya 0,8 persen, dan 20,2 persen sisanya tidak tahu/tidak menjawab.

Survei Y-Publica yang dilakukan pada 1-7 November 2021, melibatkan 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error plus minus 2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.