Dark/Light Mode

Sekali Banteng Tetap Banteng

Ganjar Tak Mau Pindah Ke Lain Kandang

Selasa, 16 November 2021 08:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nasib Ganjar Pranowo menjadi Capres dari PDIP masih belum jelas. Partai-partai lain pun mulai merayu Gubernur Jawa Tengah itu, untuk maju dari partainya. Bagaimana tanggapan Ganjar? Dia menegaskan tak mau pindah ke lain kandang. Sekali banteng tetap banteng.

Ganjar merupakan sosok yang memiliki elektabilitas tinggi. Dalam beberapa survei, Ganjar salip-salipan dengan Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. Mereka berdua gantian menempati posisi satu dan dua.

Meski memiliki elektabilitas tinggi, Ganjar belum mendapat restu dari PDIP maju di Pilpres 2024. Pasalnya, PDIP berniat majukan Puan Maharani. Anak Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Baca juga : Balikin Kerugian Negara Tak Hapus Tindak Pidana

Hubungan Ganjar dengan PDIP sempat memanas. Banteng juga sempat mengultimatum kadernya yang ngebet nyapres dan tidak taat jalani perintah partai untuk keluar.

Tekanan terhadap Ganjar membuat elektabilitasnya makin naik. Bahkan, dukungan terhadapnya makin meluas.

Di saat PDIP terkesan menjauhi Ganjar, beberapa partai politik malah mulai mendekati Ganjar. Misalnya, Golkar. Elite partai pimpinan Airlangga Hartarto itu terang-terangan tertarik mencalokan Ganjar menjadi pasangan Airlangga.

Baca juga : Kominfo Gandeng MUI Perkuat Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi

Tidak hanya Golkar, elite PAN juga tertarik meminang Ganjar. Apalagi Ganjar punya hubungan baik dengan PAN, terutama Ketua Umum Zulkifli Hasan. Selain itu, komunikasi Zulhas dengan Ganjar hingga saat ini masih terjalin cukup baik

“Mas Ganjar dan Bang Zul adalah sohib lama dan kental. Seperti kentalnya kopi hitam. Enak dan legit. Karena sama-sama pernah menjadi anggota DPR RI,” urai Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, kemarin.

PPP juga ikut memantau Ganjar. Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani sebelumnya pernah mengatakan, Ganjar menjadi salah salah satu tiga gubernur di Jawa bidikan partai berlambang Ka’bah itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.