Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siaga Bencana, Ganjar Imbau Masyarakat Perhatikan Ilmu Titen Dan Kentongan

Sabtu, 6 November 2021 22:24 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengingatkan masyarakat untuk bersiap menghadapi bencana alam. Salah satunya, dengan menghidupkan kearifan lokal, yakni ilmu titen dan kentongan.

Kearifan lokal tersebut diharapkan mampu meminimalisasi risiko jatuhnya korban jiwa maupun luka akibat bencana.

Pelaksana Tugas (Plt) Kalakhar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng Safrudin menyampaikan, saat ini musim penghujan telah tiba.

Baca juga : Kabar Baik Dari Ganjar, Wirausaha Muda Dapat Modal Dan Pendampingan Lewat HFS

Kondisi itu berpotensi menimbulkan bencana alam. Mulai dari banjir bandang, bencana longsor, hingga gempa bumi.

Menurutnya, inisiasi gubernur berupa ilmu titen dan kentongan itu masih relevan diterapkan di kalangan masyarakat. "Karena itu salah satu early warning system (sistem peringatan atau deteksi dini)," ujar Safrudin, Sabtu (6/11).

Selain menghidupkan kearifan lokal itu, dia juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi informasi-informasi dari BMKG.

Baca juga : Masyarakat Dukung Upaya Pemerintah Door To Door

Setiap saat, BMKG merilis data terkait dengan peringatan dini. Seperti rilis data titik daerah yang berpeluang turun hujan.

Selanjutnya, informasi BMKG biasanya disampaikan kepada BPBD kabupaten/kota dengan jejaringnya. Lalu kemudian, diteruskan ke kecamatan hingga desa. Termasuk, ke babinsa dan bhabinkamtibmas.

Safrudin menambahkan, bencana seperti banjir dan tanah longsor memang terjadi setiap tahun ketika musim hujan tiba. Pemprov sudah menyiapkan langkah-langkah. Salah satunya, mengingatkan kembali kabupaten/kota terkait dengan ancaman hidrometeorologi.

Baca juga : Sandiaga Uno Ajak Dubes Arab Saudi Nikmati Kopi Dan Basreng

"Kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengirimkan surat ke Sekda seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk mengantisipasi. Karena kemungkinan juga ada La Ninanya seperti yang disampaikan BMKG. Mengingatkan kembali untuk menyebarkan informasi daerah yang rawan bencana," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.