Dark/Light Mode

Sekali Banteng Tetap Banteng

Ganjar Tak Mau Pindah Ke Lain Kandang

Selasa, 16 November 2021 08:10 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Kendati banyak tawaran maju dari partai-partai lain, Ganjar tak tertarik. Ganjar kekeh tetap di banteng.

“Halah ora urusan (nggak ngurus), masih jauh gitu kok dukung mendukung, rebut merebut, apa. nggak enggak, saya tetap PDIP!” tegas Ganjar, kemarin.

Sementara, politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno tidak GR mendengar jawaban Ganjar. Kata dia dari dulu Ganjar memang PDIP.

Baca juga : Balikin Kerugian Negara Tak Hapus Tindak Pidana

“Sekolah partai dan sistem kaderisasi di PDIP telah melahirkan calon-calon pemimpin yang andal di berbagai lapisan. Sekjen sudah menyebut sejumlah nama yang telah teruji dalam medan pengabdian,” beber Hendrawan.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menilai, penegasan Ganjar sebagai bukti dirinya tidak goyah meski dilirik partai lain. Dia memahami Mega adalah tokoh sentral di PDIP yang mempunyai hak penuh untuk mengusung capres atau cawapres.

“Ganjar ingin membuktikan militansi dan loyalitas pada PDIP. Dia tahu betul hak veto ada di Ketum Bu Mega,” kata Adib kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Kominfo Gandeng MUI Perkuat Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi

Kendati demikian, dia mensinyalir nasib Ganjar akan seperti Jokowi. Bukan pengurus DPP, hanya kepala daerah, tapi mampu merebut hati Mega untuk dicalonkan di Pilpres.

“Saya kira proses Jokowi menginspirasi Ganjar, bahwa PDIP bakal mengulang itu. Ganjar yakin dirinya setipe dengan Jokowi, tokoh yang dekat akar rumput. Makanya gaya komunikasi Ganjar mirip Jokowi,” tukasnya.

Menurunnya keriuhan merebutkan Ganjar di antara parpol hanya sebatas tes ombak. Ganjar dimanfaatkan sebagai media untuk mendulang popularitas. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.