Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Elektabilitas Erick Thohir Melejit

PAN Buktikan Mesin Politiknya Bisa Jalan

Selasa, 28 Maret 2023 07:55 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo. (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia (IPI) yang memotret tren elektabilitas kandidat calon wakil presiden (cawapres) menyebut, elektabilitas Menteri BUMN, Erick Thohir melesat tajam. Kandidat-kandidat lainnya, stagnan, bahkan melorot.

Partai Amanat Nasional (PAN), sebagai salah satu partai yang paling kenceng meng-endorse Erick merasa senang me­lihat capaian itu. “Hasil survei kan cerminan suara rakyat. Insya Allah bisa lebih baik hasilnya karena akan terjadi perubahan preferensi pemilih,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, tidak sia-sia DPW PAN DKI Jakarta gencar menyosialisasikan Erick sebagai salah satu tokoh yang diusung PAN sebagai capres maupun cawapres.

Baca juga : Kinerja Cemerlang, Elektabilitas Erick Thohir Gemilang, PPP Senang

“Alhamdulillah tidak sia-sia kami terus membunyikan nama Mas Erick Thohir. PAN tidak salah pilih. Mas Erick Thohir memang bukan kader PAN. Tetapi seperti ketum kami bilang, beliau sepeti saudara sendiri,” ungkapnya.

Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig yang juga ikut memasarkan nama Erick, juga bersyukur. “Alhamdulillah, ET ini salah satu calon yang sangatkuat diusulkan PAN se­luruh Indonesia,” katanya.

Dia mengklaim, elektabilitas Erick memang bergerak perla­han naik. Tetapi, kenaikannya bukan direkayasa. Melainkan natural sesuai persepsi publik. “Murni karena sejak terjang yang menonjol di kabinet mau­pun di tempat lain. Saya yakin akan terus meningkat menuju 2024,” tuturnya.

Baca juga : Elektabilitas Erick Thohir Naik, Zulhas Nilai Kinerja Dan Kepemimpinannya Diterima Masyarakat

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, ada sejumlah faktor yang mem­pengaruhi elektabilitas Erick naik tajam. Di antaranya rekam jejak sebagai entrepreneur, tek­nokrat, hingga Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju dan Ketum PSSI. “Sosok yang ra­mah dan mudah bergaul dengan semua kalangan. Intelek, santri, dan cinta olahraga, dekat dengan generasi milenial dan gen Z,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari menambahkan, ada faktor pe­nyebab lain tingginya elektabili­tas Erick terpengaruh posisinya sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama (NU). Erick adalah ang­gota kehormatan Banser di NU yang berkontribusi besar atas suksesnya terselenggaranya peringatan 1 abad NU. “Bagian dari Ansor dan nahdliyin. Ormas Islam terbesar di Indonesia,” kata Qodari.

Eks Presiden Inter Milan itu menjadi kader NU terkuat dalam kontestasi demokrasi. Dikatakan, atribut Erick Thohir di samping Menteri BUMN terus bertambah, dari Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah, NU hingga Ketum PSSI. “Semua jabatan publik menjadi ekspo­sure,” pungkasnya.

Baca juga : Elektabilitas Erick Thohir Gemilang, PPP Senang

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin menerangkan, dalam hasil survei terbarunya, sampai saat ini tidak ada kandidat capres yang memiliki elektabilitas domi­nan. Elektabilitas 3 capres ter­tinggi yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan masih ada di angka normal. Ganjar meraih 37,8 persen, Prabowo 27 persen, dan Anies 26,8 persen. ■

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.