Dark/Light Mode

Anggota KPU, August Mellaz: Pemilu 2024 On The Track

Sabtu, 8 April 2023 08:32 WIB
Anggota KPU August Mellaz (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Anggota KPU August Mellaz (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota KPU August Mellaz memastikan, semua tahapan dan persiapan Pemilu 2024 berjalan on the track. Karena itu, dia yakin, Pemilu dapat digelar tepat waktu, pada 14 Februari 2024. Apalagi, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1/2024 sudah disahkan DPR menjadi Undang-Undang (UU), Selasa (4/4).

Hal itu disampaikan August, saat menerima audiensi Rakyat Merdeka, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (6/4). Tim Rakyat Merdeka yang hadir adalah Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana, Direktur Pemberitaan Ratna Susilowati, Wakil Pemred Kartika Sari, Pemred RM Digital Firsty Hestyarini, Chief Executive Editor Wahyu Suryani, Redaktur Eksekutif Ujang Sunda, Reporter Boy Sakti Hapsoro, Fotografer Khairizal Anwar.

August menyatakan, pengesahan Perppu Pemilu menjadi UU cukup untuk mematahkan berbagai isu penundaan Pemilu 2024. “Undang-Undang ini harusnya meyakinkan publik bahwa Pemilu 2024 sesuai jadwal. Karena instrument hukumnya semua sudah lengkap,” ucapnya.

August menceritakan, dinamika yang terjadi seputar kepemiluan tetap direspons sesuai porsinya KPU. Misalnya, menanggapi Putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang memenangkan gugatan Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) ihwal penundaan tahapan Pemilu, hingga berbagai keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca juga : Awas, Serangan Siber!

“Semuanya kita tindaklanjuti. Seharusnya tidak menggangu tahapan Pemilu,” ucapnya. “Suka tidak suka, kewajiban kami di situ saja, menjalani Pemilu secara on the track, atau tepat waktu,” tambahnya.

August merinci, saat ini KPU tengah fokus melakukan persiapan pesta demokrasi. Di antaranya menyeleksi komisioner KPU daerah baik itu tingkat provinsi maupun K

kabupaten/kota. Saat ini, KPU sudah menerima nama-nama calon komisioner KPU di 20 provinsi dari Panitia Seleksi (Pansel). Mereka akan dilantik pada 24 Mei 2023.

“Nama-namanya ada di kami. Fit and proper test-nya nanti setelah Lebaran. Saat ini biar mereka fokus ibadah Ramadan dulu. Untuk tingkat kabupaten dan kota, sudah tes tulis,” ungkapnya.

Baca juga : Perlu Anda Tahu, Jadwal Pemilu 2024, Tanggal Penting dan Tahapannya

Selain itu, KPU juga terus melakukan sosialisasi gelaran Pemilu melalui kegiatan bertajuk Kirab Pemilu yang digelar sejak 4 Februari 2023. Kegiatan ini, secara maraton dimulai dari Barat, Tengah, sampai Timur Indonesia. Kirab berupa melakukan perjalanan sambil mengarak seluruh bendera partai peserta Pemilu 2024 melintasi lebih dari 300 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Nantinya, pada 25 November 2023, akan berkumpul di satu titik di Jakarta.

Sejauh ini, ungkap August, pihaknya juga tengah meracik beragam Peraturan KPU (PKPU) sebagai aturan main untuk pesta demokrasi mendatang. Misalnya, tentang PKPU Pencalonan.

KPU juga mendalami tentang gugurnya 834 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pemilu 2019. Harapannya, peristiwa itu tidak lagi terulang dengan melakukan sejumlah evaluasi.

Intinya, kata August, pihaknya akan fokus melakukan tugas menyelenggarakan Pemilu 2024 sesuai dengan amanat dari Undang-Undang. Pihaknya, mengaku sangat senang menerima Rakyat Merdeka yang dianggap pro aktif dalam pemberitaan Pemilu, salah satunya dengan program Koran Pemilu.

Baca juga : Media Perlu Banyak Kaki

Apakah persiapan menuju hajatan pesta demokrasi ini ditopang oleh anggaran yang mencukupi? August hanya menjawabnya dengan senyuman. Ia berkelakar, sedang mencari padanan kata yang pas atas persoalan dana Pemilu.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.