Dark/Light Mode

Respons Sikap PPP

Golkar Siapkan Jurus Duet Prabowo-Airlangga

Jumat, 28 April 2023 07:55 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mengaku tak masalah. Baik Partai Golkar maupun Partai Amanat Nasional (PAN) menghormati keputusan Partai Ka’bah.

Ketua DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menilai, deklarasi tersebut bentuk kedaulatan PPP. “Biasa saja silakan mereka mendeklarasikan capres tanpa bersama-sama dengan partai di KIB lainnya,” kata Lamhot dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Setiap partai di KIB, lanjut Lamhot, punya hak menentu­kan capresnya masing-masing. Seperti halnya Golkar, hingga kini tetap konsisten mendukung Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto sebagai capres. Bahkan, Golkar punya opsi mengusung Airlangga bersama Partai Gerindra. “Banyak opsinya, termasuk dengan Prabowo-Airlangga ber­sama Gerindra,” sebutnya.

Baca juga : Pamit Dari Gerindra, Sandiaga Sampaikan Surat Ke Prabowo Lewat Dasco

Dikatakan, komunikasi poli­tik dengan parpol lain terus di­lakukan. Ditegaskannya, masih banyak partai yang ingin berkoalisi dengan Golkar. Partai berlogo Beringin saat ini fokus membangun koalisi besar yang bersifat koalisi tengah. Ini demi menghindari polarisasi koalisi kanan dan koalisi kiri. “Kami mengusahakan betul agar koalisi tengah ini terjadi. Kita bosan terbe­lah, bosan dengan istilah cebong, kampret, dan kadrun,” tukasnya.

Serupa, Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 Sabil Rachman menyebut, Golkar tengah mencari skema alternatif di luar Anies dan Ganjar. “Skema Prabowo-Airlangga atau sebaliknya bisa jadi jalan tengah. Potensi menangnya besar. Keduanya ketum parpol yang dominan di parlemen, dan tentu punya kapa­sitas,” kata Sabil kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Selain itu, dilihat dari konfigurasi basis suara tradisional dan kultural, duet Prabowo-Airlangga mewakili segmen sosial dan kul­tural Jawa dan luar Jawa. Dengan pengalamannya, duet itu mampu mengatasi tantangan nasional dan global di tengah tantangan geopolitik dunia.

Baca juga : Ganjar Jadi Capres PDIP, Golkar Nyatakan Konsisten Calonkan Airlangga

“Pak Prabowo gas, Pak Airlangga dengan pengalaman teknokratnya jadi rem agar tepat dan efektif. Keduanya saling mengisi. Keduanya mewakili transformasi sekaligus keberlanjutan. Saya yakin Pak Jokowi tidak resisten dengan duet ini,” tambahnya.

Terpisah, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi juga menyebut, PAN gembira karena PPP telah mengumumkan Ganjar sebagai capres. “PAN meng­hormati keputusan PPP tersebut,” kata Viva kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, PPP telah berkomunikasi dan kabarnya mendapat izin dari PAN dan Golkar untuk deklarasi pencapresan Ganjar. “PPP sebelumnya telah melaku­kan komunikasi dan diskusi dengan PAN soal ini,” tuturnya.

Baca juga : PHE Siapkan 3 Jurus Genjot Eksplorasi Hulu Migas

Namun demikian, untuk merespon langkah PPP, pimpinan parpol di KIB segera menggelar pertemuan. Dikatakan, dalam pertemuan ketiga ketua umum bakal dibahas soal kebijakan Pilpres. “Agenda yang dibahas di antaranya soal kebijakan Pilpres. Tuan rumahnya adalah Golkar,” tambahnya.

Diketahui, setelah tiga hari bermusyawarah di Sleman, Yogyakarta lewat mekanisme Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), PPP mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024. Keputusan ini diumumkan langsung oleh Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

“Setelah melalui musyawarah dan diskusi yang panjang, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, PPP memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai capres RI pada pemilu pilpres 2024,” kata Mardiono dalam tayangan YouTube Petiga TV, Rabu (26/4). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.