Dark/Light Mode

Megawati Sebut Penyusunan Caleg PDIP Sudah Matang, Tinggal Daftar ke KPU

Sabtu, 6 Mei 2023 15:59 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Ist)
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, Dewan Pengurus Pusat (DPP) partai banteng moncong putih secara garis besar telah menyelesaikan penyusunan daftar calon anggota legislatif di Pemilu 2024.

Presiden Kelima RI ini mengatakan, dirinya sudah memimpin rapat bersama jajaran DPP PDIP saat sebelum berkunjung ke Bali.

"Sebelum ke sini, kami mengadakan rapat. Kalau di kami secara garis besar dari tingkat dari 1 dan 2, kabupaten kota dan provinsi, dan DPR RI dapat dikatakan sudah selesai," ujar Megawati di sela-sela kunjungannya di Bali, Jumat (6/5).

Baca juga : Calon Dokter Spesialis Mestinya Nggak Bayar

Meski begitu, Megawati menyatakan, akan memimpin rapat finalisasi pada satu hingga dua kali lagi dalam waktu dekat.

Setelah itu, putri Proklamator RI Bung Karno itu mengatakan, PDIP akan mendaftarkan Caleg Partai ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sesuai kerangka waktu yang ditentukan.

"Saya perhatikan tidak ada hal-hal yang krusial, ya (soal pendaftaran caleg)," tandasnya. KPU RI telah membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI untuk Pemilu 2024 mulai Senin (1/5).

Baca juga : Gerindra Kota Manado Pastikan Tanpa Mahar

Pendaftaran bacaleg mulai 1-14 Mei 2023. Untuk 1-13 Mei, jam operasional pendaftaran adalah dari pukul 08.00-16.00 waktu setempat.

Sedangkan pada 14 Mei, jam operasional pendaftaran dimulai pukul 08.00-23.59 waktu setempat.

Sebelumnya, KPU mengingatkan seluruh parpol di tingkat nasional yang merupakan peserta Pemilu 2024 agar segera mendaftarkan bakal calon anggota DPR dan tidak mendaftar di hari terakhir pendaftaran yakni pada Minggu (14/5).

Baca juga : Pakar Hukum: Penundaan RUU PPRT Untuk Jaring Masukan Lebih Banyak

"Kami sudah mengingatkan, menyerahkan daftar bakal calon anggota DPR diupayakan jangan di hari terakhir agar apabila ada administrasi yang sekiranya kurang lengkap, masih ada waktu untuk melengkapi," kata anggota KPU RI Idham Holik.

Sampai hari kelima pendaftaran, ia mengatakan KPU belum menerima satu pun pendaftaran bakal calon anggota DPR.

KPU juga belum menerima surat pemberitahuan resmi dari pimpinan parpol mengenai rencana mereka datang ke Kantor KPU RI untuk mendaftarkan bakal calon anggota DPR dari partainya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.