Dark/Light Mode

Maju Pileg Dari Dapil I Karawang, Yuni Maharani Janji Perjuangkan Hak Perempuan

Selasa, 16 Mei 2023 14:10 WIB
Yuni Maharani bacaleg Partai Golkar di Dapil I Karawang. (IST)
Yuni Maharani bacaleg Partai Golkar di Dapil I Karawang. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bacaleg (bakal calon anggota legislatif) Partai Golkar Kabupaten Karawang Yuni Maharani mengenal ranah politik bukan hal baru.

Darah seorang politikus mengalir dalam tubuhnya dari sang ayahanda Tubagus Achmad Darojat, seorang politisi senior dan pernah juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Karawang.

Yuni Maharani kelahiran tanggal 25 Juni 1995 telah menempuh pendidikan formal di SDN Kertasari 3, SMPN 1 Pebayuran, SMAN 5 Karawang, dan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jaya.

Baca juga : Bos Bea Cukai Makassar Jadi Tersangka Korupsi

Yuni pemimpin muda yang berintegritas telah banyak pengalaman di organisasi walaupun dalam usia muda. Untuk saat ini, Yuni aktif dalam organisasi Pengurus Daerah Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PD KPPG) Kabupaten Karawang.

Yuni mengaku siap maju dalam kontestasi Pemilihan Anggota Legislatif 2024 DPRD Dapil (Daerah Pemilihan) 1 Kabupaten Karawang melalui partai yang membesarkannya yakni Partai Golkar.

"Saya siap maju dalam pemilihan Legislatif 2024 untuk DPRD Dapil I Kabupaten Karawang melalui Partai Golkar. Karena itu, saya memohon doa restu dari masyarakat agar saya bisa terpilih nanti,"  kata bacaleg Partai Golkar Yuni Maharani dalam keterangan persnya kepada media, Selasa (16/5/2023).

Baca juga : Lawan Tim Kuat, STY: Kami Akan Berjuang Hingga Akhir

Mewakili milenial, Yuni mengaku tertarik menjadi anggota DPRD karena ingin ikut menyuarakan hak perempuan di Karawang.

"Hingga saat ini masih saja melekat pola pikir patriarki yang cenderung meletakkan perempuan di bawah kekuasaan laki-laki. Perempuan diibaratkan sekaligus ditempatkan sebagai pihak yang tak mempunyai otonomi dan kemandirian di berbagai bidang termasuk politik. Perempuan Indonesia dapat menjadi kekuatan politik dan bisa membuat perubahan besar," kata putri dari Mimi Zamilah yang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Jika nanti diri saya terpilih menjadi anggota Legislatif di DPRD, saya akan ikut membela hak-hak perempuan yang seringkali mengalami perundungan atau perilaku yang tidak menyenangkan secara fisik, verbal atau sosial dalam dunia nyata atau dunia maya," tegasnya.

Baca juga : Man City-El Real Imbang, Guardiola Janji Petik Pelajaran

Persoalan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) salah satu perundungan juga akan menjadi perhatian untuk Yuni.

"Perempuan jangan ragu atau takut untuk melaporkan ke pihak berwajib apabila terjadi KDRT, walau KDRT merupakan urusan rahasia yang sangat pribadi. Tetapi jika kita mengetahui dan kita diminta untuk membantu tentunya kita harus membantu ikut melaporkan. Begitu juga dengan perempuan yang mengalami pelecehan seksual jangan enggan atau malu untuk melaporkan. Saya siap membantu," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.