Dark/Light Mode

Puan: Bakal Cawapres Ganjar Banyak, Ada Erick, RK, Sandi, AHY, Airlangga

Selasa, 6 Juni 2023 17:27 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (tengah) dalam konferensi pers di sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6). Bersama Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Utut Adianto (kanan). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (tengah) dalam konferensi pers di sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6). Bersama Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Utut Adianto (kanan). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani mengungkap, hingga saat ini, pihaknya belum mengerucutkan nama untuk Cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Yang jelas, saat ini sudah ada 10 nama yang dipertimbangkan. Antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Baca juga : PAN: Jadi Cawapres Dengan Elektabilitas Tertinggi, Erick Bukan Kaleng-Kaleng

"Namanya kan banyak, ada 10. Kalau boleh saya sebutkan, ada Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo lagi Mas, Pak Airlangga. Nama-nama itu masuk dalam peta yang ada di PDIP,” kata Puan di sela Rakernas III PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6).

Saat nama-nama itu disebutkan, Ganjar berada di sebelah Puan. Nama-nama tersebut, semuanya mempunyai kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan.

Baca juga : Pengamat: Gugatan PSI Soal Minimal Usia Capres Masuk Akal, Banyak Anak Muda Cemerlang

Faktor penting lainnya, harus bisa bekerja sama dengan calon dari PDIP sesuai dengan visi misi, cita-cita, dan sebagainya.

“Nama-nama itu akan kami kerucutkan, tapi bukan hari ini. Hari ini masih menimbang-nimbang nama-nama yang ada,” jelas Puan.

Baca juga : Siapa Cawapres Ganjar? Puan: Masih Dibahas Internal

Menurutnya, nama-nama tersebut belum dibahas dalam Rakernas III PDIP.

"Kalau sudah dikerucutkan, akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri ke Ganjar Pranowo. Apakah capresnya itu memang nyaman untuk mempunyai pendamping yang namanya a,b,c itu,” beber Puan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.