Dark/Light Mode

PDIP Pastikan Taat Putusan MK, Apa Pun Sistem Pemilu Yang Ditetapkan

Selasa, 13 Juni 2023 14:37 WIB
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamis (15/6), Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang pembacaan putusan mengenai sistem pemilu. PDIP memastikan, apa pun putusan yang dikeluarkan MK nanti, proporsional terbuka atau proporsional tertutup, akan taat.

"PDIP sikapnya sejak dahulu hingga saat ini selalu taat pada prinsip negara hukum," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, di Jakarta, Selasa (13/6). 

Baca juga : 8 Parpol Senayan Harap-harap Cemas

Wakil Ketua MPR ini memastikan, PDIP tidak ingin mencampuri urusan hakim konstitusi dalam memutuskan perkara. Artinya, putusan MK tidak bisa diintervensi siapa pun dan apa pun juga. 

"MK sudah kita sepakati dalam konstitusi sebagai kekuasaan peradilan yang bebas merdeka," tegas Basarah. 

Baca juga : ESDM Pastikan Lokasi Proyek Cisem I Tak Di Sesar Gringsing

Dia kembali menegaskan, apa pun putusan MK tentang sistem pemilu, PDIP menerima dengan lapang dada. Apalagi dalam perkara uji materi Undang-Undang (UU) Pemilu tentang proporsional terbuka, posisi PDIP bukan sebagai pihak pemohon.

PDIP juga tidak khawatir jika MK mengeluarkan putusan pemilu tetap dengan sistem proporsional terbuka. Sebab, dalam dua pemilu terakhir yang menggunakan sistem terbuka, PDIP tetap menjadi juara.

Baca juga : Pemerintah Manut Putusan MK, KPK Minta Perdebatan Penambahan Masa Jabatan Disetop

"Dalam dua kali Pemilu Legislatif pada 2014 dan 2019 dengan sistem terbuka, PDIP telah berhasil menjuarai Pileg dan juga Pilpres," terang dia.

Sebelumnya, Juru Bicara MK Fajar Laksono menerangkan, MK akan menggelar sidang pembacaan putusan gugatan terhadap Pasal 168 Ayat (2) UU Pemilu terkait Sistem Proporsional Terbuka yang didaftarkan dengan nomor registrasi perkara 114/PUU-XX/2022 pada 14 November 2022. “Kamis, 15 Juni 2023 pukul 09.30,” kata Fajar, Senin (12/6).■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.