Dark/Light Mode

Piawai Kelola Ekonomi Kerakyatan, Pelaku Usaha Dukung Airlangga Nyapres

Sabtu, 17 Juni 2023 09:04 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Penelitian Citra Nasional Network (CNN) melakukan jejak pendapat terkait calon presiden pilihan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Tak hanya itu, pelaku usaha besar juga menjadi sasaran CNN.

Koordinator CNN di bidang Survei Muhammad Dandy mengatakan jajak pendapat yang digelar pihaknya untuk mengukur arah suara pelaku UMKM, dan pelaku usaha besar di ajang Pemilu 2024 mendatang.

Hasilnya, kata Dandy, sebanyak 84,6 persen pelaku usaha optimis tehadap kondisi ekonomi nasional dan global akan berdampak positif bagi usaha mereka.

Baca juga : Pertimbangkan Situasi Ekonomi, Komunitas Anak Muda Cirebon Dukung Airlangga Hartarto Nyapres

Sementara hanya 10,7 persen pelaku usaha pesimis usahanya akan maju dan lancar

"Sebanyak 4,7 persen pelaku usaha tidak memberi jawaban" kata Dandy di Jakarta, Sabtu (17/6).

Dandy mengaku, dari hasil penelitian terhadap 2.200 pelaku usaha di seluruh Indonesia terdapat 87,2 persen pelaku usaha di Indonesia puas terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi. Terutama dalam mendukung pelaku usaha di saat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Menko Airlangga Ketemu Bos TikTok

"Selaras dengan keinginan pelaku usaha terhadap capresnya. Mereka ingin adalah presiden memiliki pengalaman menangani perekonomian nasional, bahkan sudah teruji dalam mengatasi krisis ekonomi oleh sebanyak 88,6 persen," ujarnya.

Kemudian, 11,4 persen menginginkan sosok yang merakyat dan populer. Tak hanya itu, hasil survei juga menemukan mayoritas pelaku usaha atau 60,1 persen di Pilpres 2024 akan menjadikan figur yang dinilai piawai mengelola ekonomi rakyat.

"Wajar jika nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto paling banyak dipilih oleh pelaku usaha Indonesia. Airlangga dipilih oleh sebanyak 33,9 persen pelaku usaha," sebut dia.

Baca juga : Airlangga Dinilai Sosok Capres Alternatif

Hal ini menunjukan kebijakan Airlangga Hartarto di Kemenko Perekonomian sangat terasa oleh para pelaku usaha di Indonesia.

Bahkan, dalam memulihkan ekonomi sejumlah pelaku usaha Indonesia dan pelaku usaha memberikan penilaian bahwa Airlangga yang sangat berpengalaman sehingga mampu mengelola perekonomian.

"Baik dalam keadaan normal dan krisis ekonomi yang mampu mengelola mengatasi konflik konflik politik untuk melahirkan kebijakan bagi keberlangsungan dunia usaha dan lapangan kerja. Misalnya dengan lahirnya UU Cipta Kerja," tutur Dandy.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.