Dark/Light Mode

Pengalaman Kelola Perekonomian Nasional, Airlangga Capres Pilihan 2024

Minggu, 25 Juni 2023 16:08 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Instagram @airlanggahartarto_official)

 Sebelumnya 
Dalam penelitian ini didapati bahwa mayoritas responden atau 90,8 persen menginginkan sosok Capres dan Cawapres yang mampu menerapkan kebijakan pro stabiliti pro jobs, pro environment.

 "91,7 persen presiden yang mampu dan punya pengalaman dalam mengelola perekonomian nasional, sehingga berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat 80,9 persen," ujarnya.

Kemudian masyarakat menginginkan presiden berani dan punya nyali. Tidak mudah ditekan oleh para pemilik modal atau negara asing yang sering merugikan masyarakat.

Baca juga : Ekonominya Moncer, Orang Miskin Turun

"89,8 persen masyarakat menginginkan presiden yang tidak pro terhadap tenaga kerja asing yang un-skill seperti masuknya TKA China di sektor pertambangan dan lain-lain," ucapnya.

Sedangkan jika melihat elektabilitas Capres dari hasil penelitian JJI menunjukkan, jika Pilpres digelar hari ini elektoral Menko Perekonomian Airlangga paling tinggi.

"Sebanyak 34,8 persen memilih Airlangga Hartarto, sebanyak 29,2 persen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan sebanyak 18,7 persen memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan sebanyak 7,8 persen memilih mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, selebihnya, 9,5 persen belum menentukan pilihan," papar Agusta.

Baca juga : Perbanyak Kawasan Industri Daerah Dong

Sementara untuk tokoh calon wakil presiden (Cawapres) yang paling diinginkan yakni Ketua DPR Puan Maharani sebanyak 20,2 persen.

 "Lalu Iriana Jokowi 16,3 persen, Sandiaga Uno 10,1 persen, Gatot Nurmantyo 8,8 persen, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa 8,2, persen," papar dia.

Adapun survei JJI dilakukan mulai 8-21 Juni 2023. Jumlah sampel sebanyak 2.280 warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih saat Pemilu 2024 yang tersebar di 488 kabupaten/kota secara proposional sesuai besaran komposisi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Baca juga : Pemuda Dan Perempuan Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Suvenir Di Gowa

Sehingga hasil survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan batas margin of error kurang lebih 2,05 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.