Dark/Light Mode

Capres-Cawapres Naik Haji

Silaturahmi Politik Terjalin Di Baitullah

Senin, 26 Juni 2023 07:45 WIB
Politisi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno. (Foto: Dok. dpr.go.id)
Politisi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno. (Foto: Dok. dpr.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah tokoh politik berpengaruh di Pilpres 2024 beribadah haji tahun ini. Dari deretan capres, ada nama Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Di bursa cawapres,ada Sandiaga Uno, dan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Sedangkan di jajaran elite partai ada Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, dan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Menanggapi hal ini, politisi PDI Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno menyambut baik kegiatan para tokoh bangsa yang menunaikan ibadah haji di tahun ini. Apapun jenis kegiatan ibadah dari berbagai agama, pastinya berdampak baik.

“Di tengah jadwal politik yang padat, terkadang penuh tekanan dan ketegangan, wisata spititual untuk melakukan kontemplasi dan refleksi, sangat penting,” ujar Hendrawan, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, akan terjadi penyegaran dan energi yang baik bagi setiap umat Islam usai beribadah haji. Tentunya, akan berdampak baik bagi kehidupan pasca beribadah haji. Termasuk, para tokoh politik calon pemimpin bangsa.

Baca juga : Politik Santun

“Kita bisa keluar dari rutinitas, kembali kepada esensi dasar kehidupan yang sejatinya penuh kesederhanaan dan keterbatasan,” katanya.

Guru Besar Universitas Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah ini mengamini, bisa saja secara kebetulan para tokoh bangsa itu bertemu di Tanah Suci, dan bersilaturahmi. Namun, politisi Banteng ini berpesan agar tidak membuat narasi mencampur politik praktis dengan ibadah.

“Bisa saja demikian. Tapi sebaiknya kita jangan mencampuradukkan niatan beribadah denganmanuver-manuver politik. Kita jangan membiasakan diri dengan laku yang penuh kepal­suan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sejumlah tokoh bangsa tidak sedikit yang menunaikan Ibadah Haji di tahun ini. Kemarin, telah be­rangkat ke Tanah Suci, Capres PDIP Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Sebelumnya, Capres Anies Baswedan berangkat lebih dahulu.

Baca juga : Jadi Pengawas Haji, Paramitha Keliling Hotel Jemaah Di Misfalah

“Hari ini Pak Ganjar Pranowo berangkat melaksanakan ibadah haji. Selain itu, Mbak Puan sekeluarga juga menunaikan ibadah haji,” ujar Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah, kemarin.

Said meminta, Gubernur Jawa Tengah dan Ketua DPR itu minta didoakan agar pelaksa­naan ibadah kedua tokoh politik dari PDIP itu lancar. Melalui ibadah haji ini, Ganjar dan Puan ingin memperkuat ruhspiritual sebagai jangkar penting agar senantiasa ingat kepada Tuhan.

“Kami dan seluruh warga Indonesia yang sekarang ibadah haji, dalam melaksanakan haji dengan khusus, dan diberikan kesehatan, dan keselamatan, dankembali ke tanah air dengan jiwa yang lebih baik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengantar­kan capres Anies Baswedan ke Bandara Soekarno-Hatta guna menjalankan ibadah haji, Kamis (23/6).

Baca juga : Capres-Cawapres Ditantang Urusi Masalah Iklim

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburrohman mengatakan, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar dan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad juga akan berang­kat ke Tanah Suci. Namun, dia belum bisa memastikan apakah Capres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Prabowo Subianto juga akan melaksanakan ibadah haji dalam waktu dekat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.