Dark/Light Mode

Bahas Politik & Masa Depan Di Istana

Jokowi-Prabowo Makin Lengket

Selasa, 27 Juni 2023 08:27 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto semakin lengket. Bukti terbaru, keduanya membahas masalah politik dan masa depan bangsa di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Prabowo menghadap Jokowi, kemarin sore. Ketua Umum Partai Gerindra ini tiba pukul 16.45 WIB. Sebelum menemui Jokowi, Prabowo sempat diberondong pertanyaan oleh awak media mengenai tujuan kedatangannya. "Saya kan baru pulang dari luar negeri, saya laporan," jawab Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo memang menghadiri pameran kedirgantaraan Paris Air Show 2023 di Le Bourget, Prancis, untuk melihat langsung pesawat tempur berteknologi canggih, Dassault Rafale. "Biasa menteri dipanggil Presiden," sambungnya, singkat. Prabowo lalu bergegas masuk Istana Negara.

Satu jam berselang, Prabowo keluar. Dia kembali dikerubungi wartawan dan ditanya soal pembicaraannya dengan Jokowi. Kali ini, Prabowo menjawab dengan panjang lebar. Prabowo menyebut, dirinya melapor ke Jokowi soal hasil kunjungan kerja ke Eropa. Dia juga memberi laporan ke Jokowi soal perubahan peta perang Ukraina dengan Rusia.

"Kita bicarakan sedikit masalah geopolitik. Masalah perkembangan terakhir di internasional. Beberapa hal yang dapat petunjuk Presiden dan saya kira akan kita laksanakan petunjuk beliau," ucap Prabowo.

Permintaan kerja sama militer dari sejumlah negara di Afrika juga jadi pembahasan dalam pertemuan itu. Kepada Jokowi, Prabowo berjanji akan segera menindaklanjuti permohonan kerja sama tersebut.

Baca juga : Jokowi Dukung Prabowo Bukan Cuma Gimmick Lho

"Karena banyak negara di Afrika yang minta Indonesia membantu melatih tentaranya. Segera kita tindak lanjuti," sambungnya.

Ketika ditanya apakah ada pembahasan politik, Prabowo mengiyakan. Mantan rival Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019 itu menyatakan, dia sempat ditanya soal rencana politik ke depan. "Secara garis besar saja, (Jokowi) bertanya tentang rencana-rencana saya ke depan dan sebagainya," jelas Prabowo.

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mengklaim, hubungan Jokowi dengan bosnya memang semakin akrab. Dia menyatakan, Prabowo banyak belajar dari Jokowi. Terutama soal gaya kepemimpinannya. Hal ini sering diceritakan Prabowo kepada kader-kader Gerindra.

"Sebetulnya ini agak internal, tapi saya buka saja ke teman-teman. Saya ini salut juga dengan Pak Jokowi. Kalau kepemimpinan saat rapat, efektif sekali," ucap Habib menirukan ucapan Prabowo, kemarin.

Prabowo, sambung Habib, mengakui bahwa gaya kepemimpinan Jokowi tidak bertele-tele. Sat sit set, menghasilkan kebijakan yang efektif.

"Kadang-kadang pemimpin itu rapat bertele-tele, bisa berjam-jam, tapi belum tentu jalan. Kalau beliau ini, rapat satu jam selesai tapi implementasinya dikawal," jelas dia.

Baca juga : Transfer Uang Lewat Rekening Pihak Ketiga

Diakui Habib, Prabowo baru kali ini melihat pemimpin seperti Jokowi. "Saya melihat ini salah satu kepemimpinan yang paling efektif yang pernah saya lihat gitu," beber anggota Komisi III DPR itu, kembali menirukan pernyataan Prabowo.

Sejauh ini, Jokowi dan Prabowo sering melakukan pertemuan atau menjalani aktivitas bareng-bareng. Contohnya, saat Idul Fitri 2023, Prabowo bersilaturahmi ke kediaman Jokowi di Solo, Jawa Tengah. Prabowo disambut keluarga besar Jokowi yang saat itu sedang berkumpul.

Selanjutnya, Prabowo melakukan pertemuan dengan Jokowi saat berada di Malaysia, 7 Juni lalu. Prabowo tiba-tiba menghadap Jokowi di sela lawatan Kepala Negara ke negeri jiran. Kabar pertemuan itu terungkap setelah Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, membagikan video pertemuan tersebut.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengkonfirmasi pertemuan tersebut. Menurutnya, Prabowo menjadi delegasi pendamping Jokowi bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Dua hari berselang, Prabowo menghadap Jokowi di Istana Negara. Pertemuan itu membahas mengenai proposal perdamaian Ukraina dan Rusia. Prabowo sebelumnya mengajukan proposal perdamaian itu saat menghadiri KTT Pertahanan Dialog di Shangri-La Hotel, Singapura, 3 Juni 2023. Hanya saja proposal itu berujung pada penolakan kedua negara.

Berikutnya, Prabowo mendampingi Jokowi saat menonton FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 Juni lalu. Beberapa kali tampak Prabowo berbincang dengan Jokowi, dan menunjukkan ekspresi saat pertandingan berlangsung yang dimenangkan Argentina 2-0.

Baca juga : Ganjar Merapat Ke Istana, Ketemu Jokowi Dari Siang Hingga Setengah 6 Petang Nanti

Sehari sebelum nonton bareng Indonesia vs Argentina, Jokowi dan Prabowo makan siang bersama, di Istana Bogor, Jawa Barat.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, hubungan Jokowi dengan Prabowo bukan hanya sekadar bos dan anak buah. Sebab, akhir-akhir ini keduanya kerap memperlihatkan momen kelengketan.

"Saya menangkapnya seperti Jokowi menyiapkan tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya kepada Prabowo,” ucap Ujang, kemarin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.