Dark/Light Mode

Belajar Politik Dari Jokowi

Prabowo: Saya Udah Nggak Serem Lagi

Sabtu, 1 Juli 2023 08:58 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai Salat Idul Adha, di Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (29/6). (Foto: Instagram Prabowo)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai Salat Idul Adha, di Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (29/6). (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengklaim telah menjadi sosok yang lebih baik karena sering belajar politik dari Presiden Jokowi. Menteri Pertahanan ini memastikan, saat ini dirinya sudah nggak serem lagi.

Hal itu disampaikan Prabowo saat menjadi narasumber di acara Mata Najwa bertajuk "Ekslusif: Prabowo Subianto Bicara", yang ditayangkan di YouTube Najwa Shihab. Capres Partai Gerindra ini mengakui, dirinya sering dianggap sebagai sosok yang berapi-api dengan kesan "menyeramkan" saat berpidato.

Prabowo menjelaskan, latar belakang sebagai prajurit TNI telah membentuk dirinya menjadi sosok yang keras. Tapi, Prabowo menegaskan, dirinya tidak seperti yang digambarkan media massa. Perangainya yang dinilai seram dan berapi-api hanyalah persepsi. Karena sejatinya, kata Prabowo, ia adalah orang yang lembut.

"Jadi persepsinya Prabowo itu keras, Prabowo itu serem. Kan saya nggak serem sekarang," ujar Prabowo.

Pernyataan itu langsung ditanggapi Najwa. "Jadi Prabowo yang asli itu nggak serem?" tanya perempuan yang akrab disapa Nana itu. "Nggak serem, lembut (hatinya), sangat lembut," jawab Prabowo.

Baca juga : Jokowi-Prabowo Makin Lengket

Lebih lanjut, Prabowo mengakui dirinya bukan politisi andal. Hal itulah yang dianggapnya menjadi faktor penyumbang kekalahannya dalam Pilpres 2014 dan 2019. Namun, saat ini dia telah banyak memetik pelajaran dari Jokowi, yang dua kali mengalahkannya di Pilpres. Kekalahan itu diakui Prabowo, telah memengaruhi perangainya dalam berpolitik.

Semenjak dipercaya menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo mengaku banyak belajar dari Jokowi tentang cara menjadi pemimpin. Dia pun menganggap Jokowi sebagai guru.

"Saya belajar dari Pak Jokowi yang mengalahkan saya, berarti itu guru yang hebat. Ya sudah santai saja," ujarnya.

Dengan bekal itu, Prabowo optimis dalam menghadapi Pilpres 2024. Ia yakin bisa mengalahkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang bakal menjadi kompetitornya.

Prabowo lalu blak-blakan, sebenarnya berharap Ganjar mau menjadi cawapresnya pada Pilpres 2024. Dengan duet itu, Prabowo yakin kemenangan akan lebih mudah diraih. Namun, tidak tercapai kesepakatan dengan PDIP, partai tempat Ganjar bernaung.

Baca juga : Jokowi Dukung Prabowo Bukan Cuma Gimmick Lho

Mengenai Cawapres, Prabowo menyatakan masih menimbang dengan cermat sosok yang bakal menjadi pendampingnya itu. Sejumlah nama yang sudah muncul menjadi pertimbangan bagi dirinya sebelum menentukan pilihan. Seperti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Kalau saya lihat, enam-enamnya putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Masing-masing dengan bidangnya, dengan latar belakangnya. Saya lihat, I can work with all of them,” tandas Prabowo.

Perubahan sikap Prabowo ini terlihat juga dari cara komunikasinya di media sosial. Prabowo banyak mengunggah hal-hal informal dan humanis dalam akun Instagram pribadinya. Beberapa kali Prabowo mengunggah foto saat kulineran atau saat menyapa masyarakat.

Pada Hari Raya Idul Adha kemarin misalnya, usai Salat Id di Stadion Gelora Mandalamukti Bersatu, Bandung, Prabowo menampilkan menu sarapannya. Seperti aneka gorengan mulai dari ayam, tahu, dan tempe. Adapula pete, lalapan dan sambel merah yang melengkapinya.

"Para wargi sadaya, pami di Bandung tuangkan nasi timbel nu raos pilih mana nya?" tulis Prabowo menggunakan Bahasa Sunda, dalam keterangan fotonya.

Baca juga : Jokowi Akrab Dengan Prabowo, Puan: Sama Saya Juga Akrab

Pada Minggu (25/6), Prabowo mengunggah foto saat ikut hadir dalam peresmian Rumah Makan (RM) Payakambuah milik influencer Arief Muhammad, di Kemang, Jakarta Selatan. Dalam acara itu, Prabowo terlihat tertawa bersama dengan banyak influencer ibu kota juga jurnalis.

Sebagai bentuk dukungannya, Prabowo mengunggah aneka makanan yang dijual rumah makan Padang tersebut. Seperti paru, rendang, hingga telor dadar. Lengkap dengan kerupuk kulit yang disiram bumbu kuning.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.