Dark/Light Mode

Pesan Wapres Di Rakernas XV Apkasi

Para Bupati Kudu Kreatif Kembangin Ekonomi Daerah

Sabtu, 22 Juli 2023 07:35 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kebupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Tangerang, Banten, kemarin. (Foto: BPMI Setwapres)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Asosiasi Pemerintah Kebupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Tangerang, Banten, kemarin. (Foto: BPMI Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) didorong lebih kreatif dan inovatif mengembangkan wilayahnya. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di hadapan para bupati saat membuka Rapat Kerja Nasional XV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), di ICE BSD, Tangerang, kemarin.

Wapres mengaku punya empat jurus jitu agar Pemkab bisa memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat. Per­tama, Pemkab diharapkan terus meningkatkan gagasan dan lang­kah inovatif baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat.

Baca juga : Buka Rakernas Apkasi, Wapres Dukung Daerah Kembangkan Wisata Halal

Hal ini untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan. “Pastikan implementasi program dan anggaran yang efektif dan akuntabel hingga di tingkat ke­camatan, kelurahan, dan desa se­bagai ujung tombak perangkat-perangkat pemerintahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” tegasnya.

Kedua, Pemkab terus men­dorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya. Terus perkuat rantai pasok lokal dan akses pasar, hingga mampu menjangkau pasar nasional hingga global.

Baca juga : Jaga Keamanan Daerah!

“Termasuk memperkuat ja­ringan pemasaran komoditas unggulan desa ke pasar yang lebih beragam melalui platform digital,” tutur eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Ketiga, Pemkab fokus pada komoditas-komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu. “Perkuat juga peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah, mengingat potensi pasar yang besar dan terus berkembang pesat,” imbuhnya.

Baca juga : OSO: Masyarakat Harus Bersatu Bangun Daerah

Untuk itu, kontribusi kabu­paten dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah akan turut menentukan keber­hasilan Indonesia mewujudkan visi menjadi Pusat Halal Dunia pada 2024.

Menurut Ma’ruf, Wisata ha­lal juga layak untuk dikem­bangkan mengingat jumlah wisatawan muslim dunia terus melonjak, hingga mencapai 110 juta wisatawan pada tahun 2022. Dia juga mendorong agar para Pemkab bisa memanfaatkan Apkasi Otonomi Expo sebagai ajang mempromosikan destinasi wisata, komoditas, dan investasi unggulan daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.