Dark/Light Mode

Jokowi Puji Investasi Jabar, Pengamat Sebut Endorsement Buat RK

Minggu, 6 Agustus 2023 02:48 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/8). (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi meresmikan jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada momen menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Bocimi Seksi II Cigombong-Cibadak di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/8).

Saat memberikan sambutan, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil tampak sempat tersenyum dan mengacungkan jempol serta membungkuk takzim.

Sikap tersebut ditunjukkan pria yang akrab disapa RK itu, lantaran Jokowi mengapresiasi capaian Jawa Barat sebagai provinsi dengan investasi terbaik di Indonesia.

Menurut Jokowi, capaian tersebut merupakan salah satu pendorong pertumbuhan investasi di Jawa Barat.

Khususnya, dalam pembangunan jalan tol yang sudah sangat banyak dilakukan di daerah tersebut.

Baca juga : Bahlil Datangkan Investasi Rp 142 Triliun, Pengamat: Kuatkan Ekonomi Kita

”Jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” kata Presiden setelah menyebut Jawa Barat sebagai juara pertama urusan investasi.

Mendengar ucapan tersebut, RK yang berdiri mendampingi Jokowi langsung membungkukan badan di hadapan publik.

Sehari sebelumnya, RK juga mendampingi Presiden saat menjajal LRT Jabodebek. Tidak hanya itu, di hari yang sama Ridwan Kamil juga sempat ikut rapat bersama Presiden Jokowi.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai, ada hal yang tidak biasa dari kedekatan keduanya, meski kedua pertemuan itu dilakukan dalam kapasitas Jokowi sebagai Presiden dan RK sebagai gubernur.

Dia menduga ini merupakan salah satu bentuk ‘endorsement’ Jokowi untuk RK. Agung menyebut, RK merupakan salah satu dari tiga gubernur di Jawa yang punya hubungan dekat dengan Jokowi.

Baca juga : Jokowi: Tol Ciawi-Sukabumi Bisa Dongkrak Investasi Jabar

Bukan hanya secara politik, dia menilai keduanya juga dekat secara personal.

Endorsement dari Pak Presiden itu bisa dilihat dari sikap, perilaku, kemudian ucapan dan tindakan-tindakan politik,” kata dia.

”Dalam konteks (endorsement untuk) RK misalkan bisa terlihat dari ucapannya,” ujarnya

. Sebagai gubernur, RK merespons ucapan tersebut dengan gestur membungkukan badan.

Gestur itu banyak diartikan sebagai simbol penghormatan. Selama bertugas sebagai gubernur, Agung melihat RK sebagai sosok yang mampu menjaga elektabilitas.

Baca juga : Bahlil Janji Permudah Investasi Proyek Baterai EV Konsorsium LG-BUMN Rp 142 T

Mantan wali kota Bandung itu juga disebut mampu membuat masyarakat Jawa Barat merasa puas. Itu tampak dalam beberapa hasil survei.

”Tingkat kepuasannya juga cukup bagus. Jadi tidak heran bila persepsi publik terhadap RK tergolong baik. Utamanya persepsi publik di Jawa Barat," paparnya.

Menurut Agung, ‘endorsement’ Presiden kepada tokoh-tokoh yang punya potensi bertarung dalam pemilu 2024 terbagi atas dua hal.

Yakni ‘endorsement’ yang tidak kelihatan oleh publik dan ‘endorsement’ yang diperlihatkan kepada publik.

"Ketika dia (Presiden Jokowi) memposting foto berdua dengan Pak RK, itu kan kode,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.