Dark/Light Mode

Golkar Tak Dukung Anies

Paloh Nebak-nebak Perasaan Airlangga

Senin, 7 Agustus 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersama bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan saat menghadiri pelantikan Pengurus DPW NasDem Sumatera Barat, di Padang, kemarin.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bersama bakal Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan saat menghadiri pelantikan Pengurus DPW NasDem Sumatera Barat, di Padang, kemarin.

 Sebelumnya 
Hanya saja, Airlangga tak membeberkan alasannya. Ia hanya menyampaikan Golkar sebagai partai besar telah menentukan sejumlah langkah.

“Ya, tentu kita punya langkah-langkah sendiri. Langkah chapter terakhir. Sekarang udah masuk chapter terakhir,” ucapnya.

Ketua DPD I Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily menjelaskan kenapa partainya tidak mengusung Anies di 2024. Menurut Ace, hingga saat ini, Golkar belum menemukan chesmisty dengan Anies yang telah diusung sebagai Capres dari Koalisi Perubahan.

Baca juga : Ical, Akbar Tanjung, Agung Laksono Solid Dukung Ketum Golkar Airlangga Hartarto

Selain itu, lanjut Ace, sebagai partai pendukung Pemerintah selama 2 periode kepemimpinan Presiden Jokowi, tentunya Golkar akan mendukung Capres yang berasal dari Pemerintah. Sebab, Golkar ingin melanjutkan pembangunan dan legacy Presiden Jokowi.

“Dua periode mendukung, tiba-tiba memiliki sikap diametral, mendukung yang mengusung perubahan, kan artinya tidak konsisten. Jadi, itu salah satu alasannya kita tidak ketemu dengan koalisi Anies,” kata Ace, saat menjadi narasumber di Podcast Rakyat Merdeka.

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al Habsyi juga menghormati keputusan Airlangga. Kata Aboe, dukungan terhadap Capres merupakan sikap politik masing-masing partai.

Baca juga : Terima Kunjungan Menhan Saudi, Prabowo Ngarep Kerja Sama Pertahanan Diperkuat

“Perbedaan pilihan Capres itu adalah hal yang wajar terjadi ketika mendekati kontestasi Pilpres. Oleh karena itu, kami menyampaikan dukungan penuh pada Golkar untuk menentukan pilihan Capres yang akan diusung pada 14 Februari 2024,” imbuhnya.

Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis Agung Baskoro menilai, secara institusional, hubungan Golkar dengan NasDem atau Koalisi Perubahan sesungguhnya baik. Namun, realita politik hari ini menempatkan Golkar fokus dengan narasi melanjutkan. Sementara NasDem fokus dengan narasi perubahan.

“Mendukung Prabowo atau Ganjar menjadi prioritas ketimbang bersama Anies,” kata Agung.

Baca juga : Ganjar Milenial Dukung Pelatihan Pembuatan Ubi Cokelat Di Serdang Bedagai

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 7/8/2023 dengan judul Golkar Tak Dukung Anies, Paloh Nebak-nebak Perasaan Airlangga

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.