Dark/Light Mode

Keyakinan Hashim Djojo

Golkar-PAN Segera Dukung Prabowo

Sabtu, 12 Agustus 2023 08:00 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. (Foto: Humas Gerindra)
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. (Foto: Humas Gerindra)

 Sebelumnya 
Saleh memastikan, saat ini PAN sedang fokus mempersiapkan Pe­milihan Legislatif dan menghidupkan mesin partai. "Soal Pilpres, nanti akan diputuskan. Komunikasi terus jalan kepada Capres yang ada. Termasuk dengan Prabowo," imbuhnya.

Wakil Ketua Umum Golkar Mel­chias Marcus Mekeng mengatakan, Golkar belum memberikan keputusan resmi ke mana partainya akan merapat. "Belum ada statement resmi dari Pak Airlangga sebagai pemegang mandat dari Munas, Rapimnas, dan Rakernas," ujar Mekeng, kemarin.

Menurut dia, Golkar tidak akan bu­ru-buru mendukung Capres manapun. Sejauh ini, baru sebatas komunikasi dengan partai politik.

Baca juga : Deklarasikan Dukungan, GMPP Jadi Poros Kekuatan Baru Pendukung Prabowo

"Masih menunggu waktu yang tepat dan petunjuk alam semesta,” tukasnya.

Sementara, Pengamat Politik dari Ci­tra Institute, Efriza menilai, Hashim pasti memiliki data yang kuat sehingga berani bilang Golkar dan PAN akan bergabung. Menurut dia, Golkar yang paling besar peluangnya merapat ke Prabowo.

"Sebab koalisi besar yang diwa­canakan Golkar digagalkan PDIP dengan ditetapkannya Ganjar sebagai Capres, yang membuat PPP akhirnya bergabung dengan PDIP,” tukas Efriza.

Baca juga : Relawan Jokowi Se-Jatim Deklarasi Dukung Prabowo

Ditambah lagi, PDIP tidak me­masukkan nama Airlangga menjadi bakal Cawapres Ganjar. Sedangkan peluang PAN gabung Gerindra Cs masih 50:50. Pasalnya, nama Erick Thohir yang selama ini dijagokan PAN jadi Cawapres masih berpeluang jadi Cawapres Ganjar.

“Semua masih bisa terjadi sampai pendaftaran Capres dan Cawapres,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 12/8/2023 dengan judul Keyakinan Hashim Djojo, Golkar-PAN Segera Dukung Prabowo

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.