Dark/Light Mode

Jaring Pemilih Pemula

KPU Goes To Kampus, SLTA Dan Pesantren

Rabu, 16 Agustus 2023 06:45 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos. (Foto: Antara)
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilih pemula memiliki posisi dan peran penting dalam perhelatan Pemilu 2024. Pemilih ini tersebar di kampus-kampus, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan pesantren.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos mengatakan, pada Agustus ini pihaknya akan menjangkau anak-anak muda di kampus, siswa SLTA dan santri di Indonesia. Sejumlah program pen­didikan pemilih dan pengenalan pemilu dilakukan secara tatap muka.

“Akan berjalan di Agustus, KPU goes to campus, SLTA dan pesantren,” kata Betty dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Tiga TPS Ditempatkan Di Pesantren Al Zaytun

Betty menjelaskan, program yang akan disampaikan kepada mahasiswa, siswa SLTA dan santri, yaitu sosialisasi dan pen­didikan pemilih dengan mitra kerja yang bersegmentasi pemilih pemula, video sosialisasi pemilih pemula, sayembara video serta kirab pemilu.

“Terdapat 46.800.161 pemilih pemula pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Sedangkan pemilih dari generasi Z sebanyak 46.800.161 atau 22,85 persen pemilih,” bebernya.

Diketahui, generasi Z merupakan pemilih yang lahir sekitar tahun 1997 sampai dengan 2000-an. Mayoritas gen­erasi Z merupakan pemilih pemula atau baru menginjak 17 tahun. Mereka baru pertama kali mengikuti pemilu.

Baca juga : Prabowo Unggul Di Pemilih Yang Percaya TNI Dan Presiden

“Mereka menempati terbanyak ketiga pada Pemilu 2024,” jelas Betty.

Betty mengatakan, generasi milenial menjadi pemilih terbanyak pertama, yaitu 66.822.389 atau 33,60 persen. Sedangkan gen X atau generasi yang lahir sekitar tahun 1965 hingga tahun 1980 menyusul di posisi kedua dengan 57.486.482 orang atau 28,07 persen.

Sementara, pengamat politik Universitas Andalas Sumatera Barat (Sumbar) Asrinaldi mengingatkan pentingnya pen­didikan sadar politik kepada generasi muda. Terutama, generasi Z guna men­dorong partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.