Dark/Light Mode

Prabowo Unggul Di Pemilih Yang Percaya TNI Dan Presiden

Senin, 10 Juli 2023 14:30 WIB
Direktur LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas batik biru saat rilis hasil survei di Kantornya, Jakarta Timur, Senin (10/7). Foto: Istimewa
Direktur LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas batik biru saat rilis hasil survei di Kantornya, Jakarta Timur, Senin (10/7). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut, elektabilitas bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan delapan bulan jelang Pilpres 2024.

Dalam survei yang digelar periode 30 Mei hingga 12 juni 2023, elektabilitas Prabowo mencapai 34,3 persen, Ganjar sebesar 32,7 persen, dan Anies 22,1 persen.

"Elektabilitas Prabowo terpaut 1,6 persen dengan Ganjar. Terpaut 12,2 persen dengan Anies," ungkap Direktur LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas saat rilis hasil survei di Kantornya, Jakarta Timur, Senin (10/7).   

Diterangkan, tren dalam tiga survei LSI Denny JA pada Januari, Mei, Juni 2023, Prabowo elektabilitasnya relatif menanjak. Sedangkan Ganjar elektabilitasnya turun naik. Sementara Anies, elektabilitasnya stagnan.

Baca juga : Prabowo: Rakyat Ingin Lihat Pemimpinnya Bersaing Dengan Sejuk

LSI Denny JA juga melakukan survei lembaga pemerintah yang paling dipercaya publik. Dari 12 lembaga yang ditanyakan ke publik, dua lembaga masuk kategori sangat dipercaya di atas 90 persen. Yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Lembaga Presiden.

Publik yang menyatakan percaya institusi tentara sebesar 93.7 persen dan yang percaya lembaga Presiden sebesar 90.0 persen.

Bagaimana kepercayaan terhadap lembaga jika dihubungkan dengan pilihan Capres 2024? Survei membuktikan, publik yang percaya terhadap tentara, pilihan Capres tertingginya adalah Prabowo sebesar 34,8 persen. Disusul Ganjar sebesar 34,3 persen dan Anies 20,3 persen.

Sedangkan publik yang percaya terhadap lembaga Presiden, pilihan Capres tertingginya juga Prabowo sebesar 36,1 persen. Disusul Ganjar sebesar 34,7 persen dan Anies sebesar 20,1 persen.

Baca juga : Prabowo Kagum Sama Perempuan Yang Jadi Teknisi Dan Penerbang Pesawat Hercules

"Di segmen pemilih yang percaya tentara, Prabowo menang. Di segmen publik yang percaya presiden, Prabowo juga menang," tuturnya.

Hanggoro menyakini, Pilpres 2024 akan menjadi the last dance Prabowo. Maka, Pilpres 2024 menjadi gelanggang terbaik Prabowo.

"Data saat ini menunjukkan angin segar bagi Prabowo. Tapi Pilpres masih tujuh bulan lagi. Dan waktu masih panjang yang bisa membolak-balikan hati para pemilih," tandasnya.  

LSI Denny JA melakukan survei tatap muka dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. Survei dilakukan pada tanggal 30 Mei-12 Juni 2023.

Baca juga : Kaesang Ukir Prestasi

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.