Dark/Light Mode

Jaring Pemilih Pemula

KPU Goes To Kampus, SLTA Dan Pesantren

Rabu, 16 Agustus 2023 06:45 WIB
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos. (Foto: Antara)
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Data dan Informasi Betty Epsilon Idroos. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Pendidikan politik bukan semata tu­gas KPU sebagai penyelenggara pemilu. Melainkan menjadi tugas banyak pihak di sektor pendidikan, termasuk dari partai politik (parpol) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM),” katanya.

Asrinaldi menilai, generasi Z lebih cepat mencerna informasi, mampu mengoptimalkan fungsi internet dan peka terhadap kemajuan teknologi. Sebab itu, perlu mendapat pendidikan sadar politik agar kemampuan mereka bisa dimaksimalkan untuk membangun iklim berdemokrasi yang baik.

Baca juga : Tiga TPS Ditempatkan Di Pesantren Al Zaytun

“Sekarang persoalannya bisa nggak mereka (generasi Z) dibimbing ke arah positif, sehingga terdorong dan termoti­vasi untuk sadar politik,” kata dia.

Asrinaldi yakin, kemampuan gen Z di media sosial dan internet juga bisa diarahkan secara positif. Seperti, untuk mengenal para bacaleg pada Pemilu 2024 dengan melihat sepak terjang mereka di berbagai pemberitaan media siber.

Baca juga : Prabowo Unggul Di Pemilih Yang Percaya TNI Dan Presiden

“KPU juga sebaiknya menyasar generasi muda dalam setiap sosialisasi tahapan pemilu, dengan harapan dapat meningkatkan angka partisipasi kalan­gan pemilih pemula. Seperti, jangan pilih caleg yang korup, caleg yang punya (riwayat) kejahatan seksual,” tutup dia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 16/8/2023 dengan judul Jaring Pemilih Pemula, KPU Goes To Kampus, SLTA Dan Pesantren

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.