Dark/Light Mode

Juara 1 Di Survei Litbang Kompas

Ganjar Paling Menanjak

Selasa, 22 Agustus 2023 08:00 WIB
Capres dari PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengikuti jalan sehat bersama warga dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (20/8). (Foto: Pemprov Jateng)
Capres dari PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengikuti jalan sehat bersama warga dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (20/8). (Foto: Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Capres PDIP, Ganjar Pranowo terus menanjak, mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Dalam survei terbaru yang digelar Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar sudah tembus di angka 34,1 persen.

Litbang Kompas kembali merilis hasil survei Capres 2024. Hasilnya, elektabilitas capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menunjukkan tren kenaikan. Sementara elektabilitas capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto cenderung stagnan, dan Anies Baswedan merosot.

Litbang Kompas menggelar survei pada periode 27 Juli sampai 7 Agustus 2023 dengan melibatkan 1.364 responden yang tersebar di 34 provinsi dan 331 desa atau kelurahan di Indonesia. Margin of error survei adalah +/-2,65 persen.

Baca juga : Top Of Mind Litbang Kompas, Ganjar Meroket 34,1 Persen, Ungguli Prabowo Dan Anies

Survei Litbang Kompas ini memperlihatkan elektabilitas capres dari beberapa hasil simulasi. Dalam pertanyaan terbuka atau top of mind, elektabilitas Ganjar berhasil unggul dengan 24,9 persen. Di posisi kedua ada Prabowo 24,6 persen, dan Anies 12,7 persen. Nama lain seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Mahfud MD, dan Erick Thohir berada di bawah 3 persen.

Dalam simulasi pemilihan bebas dengan 10 nama calon, Ganjar kembali berada di posisi pertama dengan mendapat dukungan 29,6 persen. Prabowo di posisi kedua dengan 27,1 persen, dan Anies 15,2 persen.

Dalam simulasi pemilihan dengan hanya 5 nama calon, elektabilitas Ganjar terus menanjak dengan memperoleh dukungan 31,8 persen, Prabowo 27,8 persen, dan Anies 15,6 persen.

Baca juga : Elektabilitas Rebound, Ganjar Teratas Simulasi Top of Mind Survei Litbang Kompas

“Hasil tersebut menunjukkan bahwa hanya suara Ganjar yang tampak menanjak. Perubahan dari 10 ke lima nama itu relatif tidak mengubah suara untuk Prabowo dan Anies, sehingga jarak keterpilihan Ganjar semakin lebar dengan Prabowo dan Anies,” kata peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan, dalam keterangannya, kemarin.

Ketiga nama capres teratas itu kemudian disurvei tingkat elektabilitasnnya. Hasilnya Ganjar sebesar 34,1 persen, unggul dibandingkan Prabowo yang dapat suara 31,3 persen. Sementara Anies kembali menduduki posisi buncit dengan skor 19,2 persen

“Dalam skema pilihan tiga nama, Ganjar paling tinggi,” kata Bambang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.