Dark/Light Mode

Juara 1 Di Survei Litbang Kompas

Ganjar Paling Menanjak

Selasa, 22 Agustus 2023 08:00 WIB
Capres dari PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengikuti jalan sehat bersama warga dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (20/8). (Foto: Pemprov Jateng)
Capres dari PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengikuti jalan sehat bersama warga dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI, di Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (20/8). (Foto: Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Berdasarkan data dari Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar menunjukkan tren kenaikan. Sementara tren Prabowo tetap pada posisinya atau stagnan, dan Anies mengalami penurunan. Ganjar sebelumnya mencatatkan elektabilitas 22,8 persen pada periode Mei 2023. Namun, saat ini elektabilitas Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, mendekati angka yang dicatat pada Januari 2023 yaitu 25,3 persen.

Sempat tertinggal 1,7 persen dari Prabowo pada Mei 2023, kini Ganjar unggul 0,3 persen.

Litbang Kompas mengingatkan bahwa meskipun kenaikan ini tidak begitu signifikan, tren tersebut dapat mempengaruhi dinamika politik ke depan. Terlebih, dalam tiga bulan terakhir, suara untuk Prabowo hampir tidak mengalami perubahan yang signifikan.

“Tren kenaikan ini dapat berpengaruh terhadap pergerakan politik ke depan,” ujar Bambang

Baca juga : Top Of Mind Litbang Kompas, Ganjar Meroket 34,1 Persen, Ungguli Prabowo Dan Anies

Dalam survei ini diketahui, elektabilitas Ganjar unggul di Pulau Jawa, sementara Prabowo menguasai luar Pulau Jawa. Dalam skema tiga calon di Pulau Jawa, elektabilitas Ganjar 39,6 persen, Prabowo 28,8 persen dan Anies 16,7 persen.

Jika dirinci, Ganjar menguasai Jawa Tengah dengan persentase paling tinggi yakni mencapai 62 persen. Ganjar juga unggul di Jawa Timur dan Yogyakarta.

Prabowo menguasai Jawa Barat dan Banten, sedangkan Anies unggul di DKI Jakarta dengan suara 42,5 persen.

Di luar Pulau Jawa, Prabowo unggul dengan elektabilitas sebesar 34,7 persen. Sementara Ganjar 27 persen dan Anies 22,3 persen.

Baca juga : Elektabilitas Rebound, Ganjar Teratas Simulasi Top of Mind Survei Litbang Kompas

Prabowo tercatat unggul di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sementara Ganjar mendapat suara signifikan di provinsi Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Papua Barat Daya, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Tengah.

Sementara itu, Anies memiliki basis suara yang kuat di Aceh, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua Pegunungan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kenaikan elektabilitas Ganjar terjadi seiring dengan tingkat pengenalan publik yang semakin luas. Ganjar juga disebut memiliki tingkat kesukaan masyarakat lebih tinggi.

Menurut politisi asal Yogyakarta ini, kenaikan elektabilitas Ganjar ini sebagai momentum rebound (bangkit kembali). “Ganjar semakin dikenal dengan jati diri kepemimpinannya yang berpengalaman, jujur, merakyat, dan sebagai kelanjutan kepemimpinan Jokowi,” kata Hasto.

Baca juga : Polusi Udara Di Jakarta Hari Ini Masih Tidak Sehat, Depok Paling Parah

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 22/8/2023 dengan judul Juara 1 Di Survei Litbang Kompas, Ganjar Paling Menanjak

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.