Dark/Light Mode

KPU Respons Undangan Mahasiswa UI

Unjuk Gagasan Bacapres Ke Kampus Mencerahkan

Jumat, 25 Agustus 2023 06:45 WIB
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaran Pemilu Idham Holik. (Foto: dok. KPU RI)
Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaran Pemilu Idham Holik. (Foto: dok. KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambut baik rencana Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) yang akan mengundang bakal calon presiden (bacapres) unjuk gagasan di dalam kampus. Unjuk gagasan bacapres ke kampus akan mencerahkan publik.

Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaran Pemilu Idham Holik mengatakan, inisiatif kampus yang mengundang bacapres yang digadang-gadang bakal maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 patut dihormati.

Dia menilai, diskusi atau debat gagasan politik di kampus akan berdampak positif terhadap pengembangan wacana publik yang mencerahkan atau enlightening public discourse.

Baca juga : Prabowo Sambangi Dan Sapa Mahasiswa Indonesia Di Kampus Columbia University

“Ruang publik harus diisi dengan wacana publik seperti diskusi atau debat agar demokrasi sehat,” ujar Idham dalam keterangannya, kemarin.

Terlebih, kata Idham, ke depan di masa kampanye, programmatic campaign sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas demokrasi elektoral Indonesia pada Pemilu Serentak 2024. Kebebasan akademik kampus harus dihormati.

“Perdebatan pemikiran politik merupakan representasi kebebasan akademik kampus tersebut,” ujarnya.

Baca juga : Partai Garuda: Mahasiswa Tak Bisa Undang Capres Debat Di Kampus

Kendati begitu, Idham mengingatkan, mengikuti aturan tahapan pemilu, saat ini belum ada bacapres dan bakal wakil presiden yang telah didaftarkan ke KPU. Saat ini, belum memasuki masa kampa­nye Pemilu 2024.

“Baru pada 28 November 2023, masa kampanye dimulai selama 75 hari,” jelas Idham.

Bagaimana tanggapan para bacapres? Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menyambut tantangan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). “Yuk, kapan?” tulis Anies melalui akun @aniesbaswedan.

Baca juga : Hadiri Latihan Gabungan Bersama Puan, Bamsoet Apresiasi Kemampuan TNI

Senada, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selaku bacapres Koalisi Indonesia Raya juga menyambut baik tantangan tersebut. Melalui Juru Bicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak, Prabowo siap berdialog dengan siapa pun di mana pun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.